Perhelatan MTQ bangkitkan gairah ekonomi Lingga

id MTQ Provinsi, lingga, dabo singkep

Perhelatan MTQ bangkitkan gairah ekonomi Lingga

Gubernur Kepri saat melihat persiapan MTQ di Lingga. (Antaranews Kepri/Nurjali)

Tidak saja pemilik hotel, beberapa rumah makan yang ada di pulau Singkep juga mengaku kewalahan melayani tamu
Lingga (Antaranews Kepri) - Perhelatan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Ke - 7 tingkat Provinsi Kepulauan Riau diharapkan dapat membangkitkan gairah ekonomi masyarakat Kabupaten Lingga. 

"Saya sudah keliling-keliling dari tadi pagi, alhamdulillah semua hotel penuh rumah makan ada peningkatan, kedai-kedai juga mulai banyak, mudah-mudahan sampai hari H dapat tambah-tambah rezeki menyambut puasa nanti," kata Gubernur Kepulauan Riau Nurdin Basirun, saat melihat kesiapan Astaka di Air Pelangi, Desa Lanjut, Kecamatan Singkep Pesisir, Minggu.

Kegiatan yang digelar di Air Pelangi, Desa Lanjut, Kecamatan Singkep Pesisir Kabupaten Lingga ini akan dibuka pada Selasa, 8 Mei 2018.

Gubernur Kepri Nurdin Basirun didampingi Sekretaris Daerah Provinsi Kepri TS Arif Fadillah dan sejumlah pejabat eselon dua lainnya, sebelumnya juga menggelar jalan santai bersama masyarakat Kabupaten Lingga di Lapangan Merdeka Dabosingkep. Antusias masyarakat mengikuti kegiatan tersebut sangat ramai.

Beberapa penginapan dan hotel mulai H-3 pelaksanaan MTQ tersebut sudah dipenuhi tamu. Salah satu pengelola hotel di Dabosingkep, Hasan mengatakan tamu-tamu yang memenuhi hotelnya sudah memesan satu minggu sebelum pelaksanaan MTQ, sehingga seratus lebih kamar yang ada di hotel tersebut sudah dipenuhi tamu.

"Sampai tanggal 15 nanti sudah penuh, tapi banyak yang pesan terpaksa kita tolak karena sudah penuh," ujarnya.

Tidak saja pemilik hotel, beberapa rumah makan yang ada di pulau Singkep juga mengaku kewalahan, karena beberapa tamu dari luar kabupaten mulai berdatangan memadati kota Dabo. Belum lagi sehari jelang hari H, semua kafilah mulai datang.

Sehari jelang MTQ dipastikan beberapa arus lalulintas dan tempat-tempat wisata akan dipadati pengunjung dari berbagai daerah yang ada di Provinsi Kepulauan Riau. Hal ini terlihat dari meningkatnya arus penumpang yang akan datang.

Sekretaris Dinas Perhubungan Kabupaten Lingga, Selamat mengatakan setelah pihaknya menghubungi operator kapal, hampir semua operator mengaku peningkatan penumpang mencapai dua ratus persen. Demikian juga dengan kapal roro dan jalur udara pesawat terbang. 

"Luar biasa peningkatan penumpang, tidak saja dari kafilah tapi beberapa masyarakat lainnya juga ada yang akan datang menyaksikan perhelatan MTQ nanti," ujarnya. (Antara)
 

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE