Pengamanan pelabuhan di Batam diperketat

id pengamanan pelabuhan,batam,teroris

Pengamanan pelabuhan di Batam diperketat

Sejumlah personil Brimob melakukan penjagaan dan pengamanan puncak arus mudik di pelabuhan Sampit, Kab. Kotawaringin Timur (Kotim), Kalteng. (ANTARA FOTO/Untung Setiawan)

Kami fokus mengamankan pelabuhan agar arus kedatangan dan keberangkatan berjalan dengan baik
Batam (Antaranews Kepri) - Pengamanan di Pelabuhan Domestik Sekupang Batam, Kepulauan Riau, diperketat untuk memastikan tidak ada terduga teroris yang masuk ke kota kepulauan itu.

Kapolsek Kawasan Pelabuhan (KKP), AKP Reza Tarigan di Batam, Kamis mengatakan telah menempatkan empat personel untuk melakukan pengamanan di Pelabuhan Domestik Sekupang.

Setiap orang yang memasuki Batam melalui pelabuhan domestik itu akan diperiksa, begitu pula barang yang dibawa atau dititip di kapal-kapal.

Pemeriksaan menggunakan pendeteksi logam dan x-ray yang dipasang di pintu masuk.

"Ini akan memudahkan pemeriksaan," ujarnya.

Pelabuhan Domestik Sekupang merupakan pintu masuk kedatangan warga dari pulau-pulau di Provinsi Kepulauan Riau dan Riau, termasuk Dumai.

Meski begitu, menurut dia, pengamanan diberlakukan menyeluruh, tidak saja untuk kapal asal Dumai.

"Kami fokus mengamankan pelabuhan agar arus kedatangan dan keberangkatan berjalan dengan baik," jelasnya.

Selain di pelabuhan, Polda Kepri juga meningkatkan penjagaan markasnya di Kota Batam, paskateror yang terjadi di Markas Polda Riau, Pekanbaru, Rabu.

Masyarakat yang memiliki urusan di Mapolda diminta untuk mengikuti seluruh prosedur pemeriksaan, karena aparat kepolisian tidak ingin terjadi sesuatu yang membahayakan.

"Yang perlu kami sampaikan, masyarakat agar memahami. Masyarakat yang akan ke Mapolda akan ada pemeriksaan sesuai prosedur," kata dia.

Sebelumnya, pada Senin (14/5), Kapolresta Barelang Kombes Pol Hengki menegaskan kondisi Kota Batam aman.

Ia meminta masyarakat tidak resah dengan keamanan, karena aparat sudah bekerja maksimal memastikan situasi kondusif.

Meski begitu, ia mengingatkan agar semua pihak, lintas institusi dan lintas agama untuk saling bekerja sama menjaga kondusifitas keamanan.

Aparat keamanan juga akan melakukan pengamanan maksimal di penjuru kota. Polri dan TNI akan bahu-membahu memberikan rasa aman kepada masyarakat.

"Semua pengamanan ditingkatkan, patroli tetap dilaksanakan. Nanti ada gabungan pengamanan TNI, Polri dan Satpol PP," kata dia.

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE