Muslimat NU Karimun khataman Al Quran

id khatam al quran,muslimat NU,karimun

Muslimat NU Karimun khataman Al Quran

Khataman Al Quran Muslimat NU Cabang Kabupaten Karimun. (foto: istimewa)

Di samping beribadah, khataman Al Quran tersebut juga menjadi ajang bagi anggota untuk mempererat tali silaturahmi
Karimun (Antaranews Kepri) - Muslimat Nahdlatul Ulama Kabupaten Karimun, Kepulauan Riau menggelar khataman Al Quran untuk mengisi puasa pada Ramadhan dan ajang silaturahim sesama anggota.

"Khataman Al Quran sudah menjadi kegiatan ibadah bagi kami setiap Bulan Puasa. Kegiatan tadarus Al Quran ini sudah kita mulai sejak awal Ramadhan dan berakhir atau khatam (tamat) hari ini," kata Ketua Pimpinan Cabang Muslimat NU Kabupaten Karimun Nyimas Novi Ujiani di sela kegiatan itu di Masjid Agung Tanjung Balai Karimun di Karimun, Selasa.

Khataman atau menamatkan bacaan ayat-ayat Al Quran, kata Nyimas, diikuti 100 anggota dari setiap kecamatan.

Menurut dia, khataman atau tadarus Al Quran tidak hanya tradisi umat Islam pada Bulan Puasa, tetapi menjadi amal ibadah yang dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW, terutama pada Ramadhan.

Dia menyambut baik antusias anggota Muslimat NU setempat yang meluangkan waktu untuk menamatkan bacaan Al Quran secara bersama-sama.

"Di samping beribadah, khataman Al Quran tersebut juga menjadi ajang bagi anggota untuk mempererat tali silaturahmi," kata dia.

Selain khataman Al Quran, para anggota Muslimat NU juga menggelar kegiatan musabaqah atau lomba membaca surat Al Fatihah, salah satu surat dalam Al Quran.

Kegiatan musabaqah Al Fatihah tersebut diikuti perwakilan Muslimat NU dari masing-masing kecamatan di Pulau Karimun Besar sebanyak 25 orang.

"Musabaqah Al Fatihah ini kita harapkan lebih sering dilakukan. Ke depan kegiatan ini juga akan diikuti perwakilan dari masing-masing anak cabang se-Karimun," ujar Nyimas yang juga Anggota DPRD Karimun tersebut.

Dia mengatakan masing-masing perwakilan kecamatan mengirimkan 25 orang. dan ke depannya akan melaksanakan kegiatan Musabaqah Al-Fatihah yang diikuti perwakilan dari masing-masing anak cabang Muslimat NU se-Kabupaten Karimun.

Dalam kegiatan tersebut, Muslimat NU juga memberikan santunan kepada anak yatim, janda, fakir miskin, dan mualaf.

Bupati Karimun Aunur Rafiq yang hadir dalam kegiatan tersebut, mengajak umat Islam mengisi Bulan Puasa dengan membaca Al Quran selama satu bulan penuh setelah menunaikan shalat wajib maupun shalat tarawih.

"Membaca Al Quran sangat dianjurkan oleh Rasulullah di bulan suci ini, minimal lima sampai 10 ayat setelah shalat," kata dia.

Aunur Rafiq juga mengajak umat memperbanyak amal ibadah pada Ramadhan dan saling berlomba-lomba dalam kebaikan.

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE