Gubernur minta Pelindo I tingkatkan fasilitas pelabuhan

id Gubernur Kepri,Nurdin Basirun,fasilitas pelabuhan,pelindo,arus mudik

Gubernur minta Pelindo I tingkatkan fasilitas pelabuhan

Gubernur Kepri, Nurdin Basirun (Antaranews Kepri/Danna Tampi)

Kepri unggul di bidang maritim. Pelabuhannya harus bagus, mantap, cepat, aman, dan representatif
Batam (Antaranews Kepri) - Gubernur Kepulauan Riau, Nurdin Basirun, meminta Pelindo I meningkatkan fasilitas pelabuhan yang ada di wilayah setempat untuk meningkatkan kenyamanan pengguna jasa, termasuk masyarakat.

"Kepada Pelindo I dan BUMN lain, mari bergandeng tangan tingkatkan fasilitas pelabuhan," kata Gubernur saat melepas peserta mudik gratis oleh Pelindo I, Jasa Raharja, Askrindo, dan Jamkrindo di Batam, Sabtu.

Kepri, sebagai daerah kepulauan yang berbatasan dengan empat negara tetangga membutuhkan pelabuhan-pelabuhan yang representatif.

Kepri memiliki keunggulan di bidang maritim yang memerlukan fasilitas memadai untuk mendorong potensi yang ada, sekaligus menambah daya saing.

"Kepri unggul di bidang maritim. Pelabuhannya harus bagus, mantap, cepat, aman, dan representatif," kata dia.

Dalam kesempatan itu, ia mengingatkan seluruh penumpang mudik gratis, juga awak kapal agar mengutamakan keselamatan pelayaran.

"Keselamatan pelayaran penting. Jangan merokok di kapal, jangan buang sampah di laut," kata dia.

Menurut dia, laut adalah anugerah tempat kehidupan, sekaligus jembatan silaturahmi.

"Laut tempat kehidupan. Jaga laut, tidak buang sampah saat pelayaran. Di kapal ada tempat sampah," kata Gubernur mengingatkan.

Sementara itu PT Pelindo (Persero) memberangkatkan 2.000 orang pemudik dari Pelabuhan Batuampar Batam, Kepulauan Riau menuju Pelabuhan Belawan Medan, Sumatera Utara, menggunakan KM Kelud milik PT Pelni (Persero).

"Pemberangkatan dilakukan dua kali, hari ini sebanyak 1.000 penumpang, tanggal 11 Juni sebanyak 1.000 penumpang lagi," kata Senior Manager Pelayanan Kapal dan Barang Pelindo I, Mardiofi.

Ia mengatakan tahun ini, Pelindo I memberangkatkan 4.750 pemudik gratis dari dan menuju berbagai daerah di lingkungan kerja BUMN itu. Sebangak 2.815 di antaranya untuk melayani masyarakat Kepulauan Riau.

Selain menggunakan kapal KM Kelud, pemberangkatan mudik gratis untuk masyarakat Kepri juga menggunakan kapal perintis dari Kota Tanjungpinang menuju pulau-pulau di Kepri dan Provinsi Riau, di antaranya rangkaian Pulau Tujuh, Dumai, Tanjung Samak, Bengkalis, dan Karimun.

"Dari Tanjungpinang juga dua kali pemberangkatan, jumlah semuanya 815 penumpang," kata dia.

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE