INSA Karimun kerahkan kapal cadangan angkut pemudik

id insa karimun,pelayaran kepri

Kapal sandar di pelabuhan domestik Tanjung Balai Karimun. (Antaranews Kepri/Rusdianto)

Bustami mengatakan, dua kapal cadangan tersebut dikerahkan sejak dua hari lalu karena banyaknya penumpang yang tidak terangkut dengan kapal reguler.
Karimun (Antaranews Kepri) - Persatuan Pengusaha Pelayaran Niaga Nasional Indonesia (INSA) Kabupaten Karimun, Kepulauan Riau, mengerahkan kapal cadangan untuk mengangkut penumpang yang jumlahnya melonjak menjelang berakhirnya libur panjang Lebaran 2018.

"Khususnya tujuan Selatpanjang, Kabupaten Kepulauan Meranti, Provinsi Riau. Ada dua kapal tambahan yang kami operasikan ke tujuan ini," kata Ketua DPC INSA Karimun Bustami Datuk Rajo Marah di Tanjung Balai Karimun, Rabu.

Bustami mengatakan, dua kapal cadangan tersebut dikerahkan sejak dua hari lalu karena banyaknya penumpang yang tidak terangkut dengan kapal reguler.

Menurut dia, jurusan Selatpanjang merupakan jurusan yang paling tinggi lonjakannya setiap musim mudik Lebaran.

"Setiap tahun memang begitu, kami menambah kapal untuk jurusan Selatpanjang," katanya.

Dia memperkirakan tingginya lonjakan penumpang jurusan Selatpanjang disebabkan banyaknya warga daerah itu yang bekerja atau berdomisili di Tanjung Balai Karimun.

Sementara untuk penumpang jurusan lain, menurut Bustami masih dapat terangkut dengan kapal reguler, atau tidak ada penambahan kapal.

Sementara itu, salah seorang penumpang Arifin mengaku berangkat ke Selatpanjang karena besok sudah mulai bekerja.

"Harus pulang hari ini, kalau tidak besok bisa terlambat masuk kantor," kata Arifin yang merupakan ASN di salah satu instansi di Selatpanjang.

Pelabuhan domestik dan internasional Tanjung Balai Karimun dipadati penumpang pada pagi hari.

Arus penumpang ramai disebabkan kapal Pelni juga sedang menaikturunkan penumpang.

Ratusan penumpang kapal Pelni memadati ruang tunggu dan tenda yang disiapkan PT Pelindo 1 Cabang Tanjung Balai Karimun.

"Penumpang mulai berkurang pada sore hari, setelah kapal terakhir tujuan Selatpanjang berangkat sekitar pukul 13.30 WIB. Kalau kita lihat, arus penumpang tidak jauh beda dengan kemarin, bahkan mungkin agar berkurang," kata seorang petugas yang mengatur lalu lintas penumpang. (Antara)
Pewarta :
Editor: Danna Tampi
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar