Tim Robotika Indonesia raih prestasi Robocup 2018

id Robotika indonesia,Politeknik negeri batam,Institut teknologi sepuluh november,Robocup 2018 kanada

Tim Robotika Indonesia raih prestasi Robocup 2018

Tim Robotika Politeknik Negeri Batam meraih prestasi internasional Robocup 2018 di Kanada. (Antaranews Kepri/Ist)

Muslim menambahkan tim robotika polibatam berhasil meraih juara tiga kompetisi soccer humanoid, setelah menaklukkan Tim Robotika Tiongkok dengan skor 4-3.
Batam (Antaranews Kepri) - Tim Robotika Politeknik Negeri Batam "Barelang FC" asal Indonesia meraih prestasi dalam ajang kompetisi robot dunia, Robocup 2018 di Kanada bersama tim Robotika Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) “Ichiro”.

Duta Besar RI untuk Kanada, Teuku Faizasyah mengutarakan rasa bangganya terhadap keberhasilan dan prestasi yang diraih dua Perguruan Tinggi Indonesia di tingkat Internasional.

"Dunia akademik akan memberikan kontribusi yang signifikan dalam mengembangkan teknologi dan informasi dalam mewujudkan Revolusi Industri 4.0 yang dicanangkan oleh Presiden Joko Widodo pada tahun 2018 ini," kata Teuku Faizasyah melalui siaran pers yang diterima Antara di Batam.

Pembantu Direktur Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama Polibatam, Muslim Ansori, mengatakan prestasi tersebut merupakan buah hasil jerih payah riset dan pengembangan lima robot yang dilakukan tujuh mahasiswa Polibatam.

Mereka lanjut Muslim yakni Hanjaya Mandala, Gobar Bethara Agung, Akhbar Ferdeansyah, Andrey Sitepu, Febry Alwan Putra, Fadhlul Azmi, dan Jony Silitonga.

"Prestasi ini juga merupakan hadiah luar biasa atas ketabahan dan ketangguhan Tim Barelang FC yang nyaris gagal mengikuti Robocup 2018 karena kendala penerbangan," kata Muslim. 

Muslim menambahkan tim robotika polibatam berhasil meraih juara tiga kompetisi soccer humanoid, setelah menaklukkan Tim Robotika Tiongkok dengan skor 4-3.

Perasaan bangga dan bahagia lanjut Muslim juga terlihat di wajah dosen pembimbingnya, yakni Eko Rudiawan dan Susanto 

Sedangkan Tim Robotika ITS “Ichiro” menjadi juara pertama kompetisi soccer humanoid kategori teen-size setelah menaklukkan Tim Mechatronic Research Laboratory (MRL) Iran dengan skor 3-0. 

Dua robot “Ichiro” ITS, singkatan dari “ITS Champion in Robocup”, ini juga berhasil meraih peringkat dua kategori kompetisi technical challenge dan drop-in games.

Dosen Pembimbing Tim Ichiro ITS, Muhtadin, menilai keberhasilan tersebut merupakan buah hasil kerja keras, komitmen, dan gairah mereka dalam upaya memajukan teknologi robotika di Indonesia.

Keempat mahasiswa bimbingannya yang berhasil mewujudkan kemenangan tersebut kata Muhtadin adalah Dhany Satrio Wicaksono, Sulaiman Ali, Muhammad Reza Ar Razi, dan Tommy Pratama. 

“Baru kali ini kami berhasil masuk babak final di ajang Robocup. Alhamdulillah, dapat meraih juara,” kata Muhtadin.

Kompetisi Robocup 2018 ini diikuti oleh 35 negara yang dilaksanakan di Montreal Convention Center, Montreal, Kanada yang dilaksanakan pada Senin (18/6) hingga Jumat (22/6).

Wakil dari Asia yang berlaga dalam kompetisi tersebut yaitu Jepang, China, Taiwan, Iran dan Indonesia. (Antara)

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE