BUMN Hadir : Peserta SMN terkesan pengelolaan pelabuhan Pelindo 1

id pelindo 1, smn 2018, pelabuhan, bumn hadir

Para peserta SMN asal NTB saat berkunjung ke pelabuhan Sri bayintan, Rabu (12/09). (Nurjali)

Selain mengetahui pembayaran dengan sistim pelayanan non tunai, para peserta SMN mengaku juga banyak mendapatkan wawasan lainnya tentang pelabuhan di Kepulauan Riau khususnya Kota Tanjungpinang. 
Tanjungpinang (Antaranews Kepri) - Para peserta Siswa Mengenal Nusantara (SMN) dari Nusa Tenggara Barat (NTB) mengaku sangat terkesan dengan berbagai fasilitas, pelayanan serta pengelolaan pelabuhan yang diberikan oleh Pelindo I.

 dalam mengenalkan satu persatu fasilitas yang dimiliki oleh empat pelabuhan yang dikelola Pelindo I Cabang Tanjungpinang.

"Kami berkunjung di Sri Bintan Pura dan Sri Bayintan kedua pelabuhan ini benar-benar memberikan wawasan baru bagi kami," kata Salah satu peserta SMN asal kelas XI SMA Negeri 8 Mataram, Ade Irmayanti, kepada Antara, Rabu.

Selama ini mereka tidak mengetahui apa yang dimaksud dengan pembayaran sistim elektronik atau non tunai, meskipun di daerah mereka sendiri sudah ada pembayaran dengan non tunai namun hal itu hanya ada di Bandara. Untuk pelabuhan dan beberapa pelayanan lainnya masih belum banyak yang menggunakan sistim non tunai.

Selain mengetahui pembayaran dengan sistim pelayanan pembayaran non tunai, para peserta SMN mengaku juga banyak mendapatkan wawasan lainnya tentang pelabuhan di Kepulauan Riau khususnya Kota Tanjungpinang. 

Selain itu peserta lainnya Irma juga mengaku hal yang sama, selama ini dirinya beranggapan bahwa BUMN hanya mencari keuntungan setelah dikenalkan lebih jauh tentang BUMN barulah mereka mengerti.

"BUMN ternyata memiliki peran yang sangat besar bagi negara kita, dan kepedulian kepada generasi penerus seperti kami, kita jadi semakin memiliki keinginan kuat untuk berkarir di BUMN," sebutnya.

Dalam kesempatan tersebut para peserta juga mendapatkan pengarahan dari Budi, selaku Pejabat Pelaksana Keuangan Bagian Program Kemitraan dan Bina Lingkungan Pelindo I Cabang Tanjungpinang. 

Para peserta SMN mendapat pengetahuan banyak tentang Pelindo I dan pelabuhan-pelabuhan yang dikelola oleh Pelindo I.

Setelah mendapat pengarahan dan informasi tentang pelabuhan Sri Bayintan para peserta diajak berkeliling sambil menyaksikan proses bongkar muat barang di pelabuhan Sri Bayintan, Kijang Kabupaten Bintan.

SMN 2018 Kepri merupakan kegiatan sinergi tiga BUMN di Kepri yakni Pelindo I, Persero Batam dan Perum LKBN Antara. Peserta SMN asal Lombok dikirim ke Kepri oleh Pelindo III sebagai salah satu BUMN penyelnggara di Nusa Tenggara Barat dalam program BUMN Hadir Untuk Negeri. (Antara)  
Pewarta :
Editor: Evi Ratnawati
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar