Geliat dan langkah 19 tahun Bumi Berazam

id HUT Kabupaten Karimun

Bupati Karimun Aunur Rafiq (tengah), Wakil Bupati Karimun Anwar Hasyim (kiri) Sekretari Daerah Karimun Muhd. Firmansyah (kanan). (Istimewa)

Harus Intens dan terencana intuk maju dan berkembang serta mengejar ketertinggalan
Jumat tanggal 12 Oktober 2018 tepat 19 (Sembilan Belas) Tahun usia Kabupaten Karimun Negeri Bumi Berazam. Di usianya yang masih dibilang muda itu, Pemerintah Kabupaten Karimun menyadari benar bahwa untuk maju dan berkembang serta mengejar ketertinggalan dari daerah lain di Indonesia khususnya di Provinsi Kepulauan Riau pemerintah daerah harus secara intens dan terencana melakukan berbagai langkah pengkajian sistematis dalam memformulasikan kebijakan pembangunan daerah.

19 (Sembilan Belas) tahun sudah perjalanan Pemerintah Kabupaten Karimun semenjak di mekarkan menjadi daerah otonom baru berdasarkan undang­undang nomor 53 tahun 1999. Dalam kurun waktu 18 tahun pelaksanaan pembangunan dikatakan bahwa capaian pembangunan telah memenuhi harapan yang diinginkan dan telah berada dalam arah yang benar. Langkah – langkah yang di lakukan untuk mewujutkan visi dan misi pembangunan telah membawa daerah ini kepada sebuah kemajuan yang cukup berarti, walaupun tentunya masih terdapat kekurangan yang harus kita benahi dan tantangan harus kita hadapi.

Sebagai langkah awal dan sesuai dengan RPJPD, maka kepemimpinan kami dalam penyelenggaraan pemerintahan, pelaksanaan pembangunan, dan pembinaan kemasyarakatan kedepan, adalah melanjutkan pembangunan yang telah dilaksanakan selama ini, seperti tergambar dalam visi yakni, “Terwujudnya Kabupaten Karimun sebagai Pusat Pertumbuhan Ekonomi berbasis Maritim yang terdepan berlandaskan Iman dan Taqwa”.

Berbagai program dan upaya­upaya yang telah kami lakukan selama ini, tentunya melalui sinergi dengan Pemerintah Provinsi, DPRD Kabupaten Karimun, FKPD, dan seluruh masyarakat Karimun, antara lain :

Pertama:
Terkait dengan Program Karimun Bersih yang terus kita sosialisasi dan laksanakan bersama sebagai upaya meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya kesehatan dalam membangun masyarakat yang sehat dan kuat. Selanjutnya melalui program Karimun Bersih yang terus dilaksanakan sepanjang tahun, kami berharap dan mendorong seluruh masyarakat Kabupaten Karimun khususnya aparatur sipil negara dan aparatur pemerintah lainnya untuk terus mensosialisasi Karimun Bersih kepada masyarakat dan keluarga masing­masing.

Kita berharap dengan usaha dan kerja kita bersama dalam rangka mempertahankan komitmen Karimun Bersih maka piala kebersihan Adipura untuk ke empat kalinya dapat kita pertahankan. dan kami juga mengucapkan terimakasih kepada masyarakat Kabupaten Karimun yang telah turut andil dalam menjaga kebersihan di lingkungan masing masing dan semoga apa yang kita lakukan mendapat ridho dari Allah SWT.

Kedua :
Program peningkatan sarana dan prasarana insfrastruktur dimana tahun ini program peningkatan jalan dan jembatan yang termasuk ke dalam Visi dan Misi Pemerintah Kabupaten Karimun tahun 2019 s/d 2021. Dapat kami sampaikan bahwa Pemerintah Kabupaten Karimun telah melakukan berbagai usaha dan upaya dalam rangka percepatan pembangunan di Kabupaten Karimun, mulai dari peningkatan anggaran dibidang pembangunan infrastruktur dalam APBD Kabupaten Karimun setiap tahunnya juga melalui koordinasi dan sinkronisasi pembangunan daerah dengan pemerintah pusat serta kementerian terakit. Pada tahun 2019 terdapat beberapa program percepatan yang akan dilaksanakan di Kabupaten Karimun antara lain :

a. Pembangunan sarana konektifitas jalan dan jembatan dari Tanjung Hutan­Belat­Tanjung Berlian yang saat ini road map kegiatanya telah selesai di bahas antara pemerintah Kabupaten Karimun dengan Badan Perencanaan Nasional dan insya Allah tahun 2019 tinggal menunggu eksekusi pelaksanaannya.

b. Pembangunan peningkatan sarana dan prasarana objek wisata Gunung Jantan yang akan menjadi penggerak sektor pariwisata di Kabupaten Karimun dan sekaligus ikut mendokrat perekonomian masayarakat di Kabupaten Karimun yang kita cintai ini.

c. Kedepannya pembangunan kantor desa dengan bantuan dana perbatasan melalui Anggaran Pendapatan Belanja Negara 2019 yang diberikan kepada 3 (tiga) desa antara lain: Desa Rawa Jawa, Desa Pulau Moro, Desa Degung.

d. Pembangunan Islamic Center di Pulau Kundur yang nantinya akan menjadi roda penggerak pembangunan sumber daya manusia Kabupaten Karimun yang religius dan generasi yang qurani.

Selanjutnya pembangunan pasar modern di Kundur yang direncanakan akan dilaksanakan pada tahun 2019 sebagai upaya pemerintah daerah dalam mendorong perekonomian masyarakat serta penciptaan pasar yang aman dan nyaman bagi pengunjung dan pembeli yang datang.

Ketiga :
Program peningkatan kualitas kesehatan masyarakat Kabupaten Karimun sebagaimana visi misi kabupaten karimun tahun 2019­2021 yaitu membanguna sumber daya manusia yang sehat, cerdas dan kompetitif serta menjawab kebutuhan daerah.

Pada tahun 2018 ini, pemerintah Kabupaten Karimun telah melaksanakan kegiatan pencanangan imunisasi Measless Rubella (MR) di seluruh wilayah Kabupaten Karimun khususnya kepada anak anak yang berusia 9 bulan hingga 15 ta­ hun. Dengan program pencanangan imunisasi Measless Rubella (MR) yang telah kita laksanakan, kami berharap untuk tahun­tahun yang akan datang masyarakat Kabupaten Karimun khususnya anak­anak ter­ bebas dari penularan penyakit yang disebabkan virus Rubella dan apa yang kita lakukan merupakan dalam rangka mendukung program pemerintah pusat untuk membasmi penularan virus rubella di Indonesia.

Keempat:
Program peningkatan penciptaan lapangan kerja bagi pemuda dan pemudi di Kabupaten Karimun. Pada tahun 2018 ini pemerintah Kabu­ paten Karimun yang bekerja sama dengan Badan Kepegawaian Negara dan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi telah melaksanakan pembukaan penerima calon pegawai negeri sipil dilingkungan pemerintah Kabupaten Karimun.

Kegiatan pelaksanaan penerimaan calon PNS tahun 2018 telah dimulai sejak akhir bulan september 2018 sampai dengan akhir desember 2018. dan kami berharap kepada masyarakat Kabupaten Karimun khususnya pemuda dan pemudi angkatan kerja agar dapat menggunakan kesempatan yang ada dan memamfaatkan kesempatan dan peluang didepan mata untuk berkompetisi secara sehat dengan pemuda pemudi lainnya dari seluruh Indonesia yang akan berpartisipasi dalam pelaksanaan penerimaan calon PNS di Kabupaten Karimun. Pemerintah Kabupaten Karimun juga dalam rangka penerimaan calon PNS tahun 2018 ini mengakomodasi seluruh pemuda dan pemudi lulusan universitas dan sekolah tinggi yang ada di Kabupaten Karimun untuk dapat berpartisipasi dalam penerimaan calon PNS Kabupaten Karimun tahun 2018.

Kelima:
Dapat kami sampaikan kepada seluruh masyarakat Kabupaten karimun agar dapat menjaga ketertiban dan keamanan Kabupaten Karimun menjelang pelaksanaan Pemilihan Umum tahun 2019. Kami berharap agar kita semua tidak mudah diadu domba dan diprovokasi oleh orang orang yang tidak bertanggung jawab dalam rangka memecah belah persatuan dan kesatuan negara Indonesia khususnya mayasrakat Kabupaten Karimun. Kami menghimbau kepada mayasrakat Kabupaten Karimun untuk dapat menggunakan hak pilih nya sesuai dengan hati nurani masing masing. Dengan ketertiban dan keamanan yang baik semoga pelaksanaan pemilihan umum tahun 2019 dapat berjalan dengan lancar dan damai.
  1. Pemerintah Kabupaten Karimun pada tahun 2018 telah di anugerahi penghargaan Investment Award 2018 dari Badan Koordinasi Penanaman Modal Republik Indonesia (BKPMRI). Ini merupakan kali pertamanya Kabupaten Karimun mendapatkan penghargaan tersebut dan termasuk kedalam 20 daerah yang dianggap mampu memberikan kenyaman dan keamanan bagi investasi. Dengan penghargaan ini kami berharap dapat menjadi pintu bagi masuknya para investor untuk melakukan investasi di Kabupaten Karimun dimasa yang akan datang.
  2. Pada tahun 2018 ini juga Pemerintah Kabupaten Karimun telah di anugerahi penghargaan sebagai kabupaten/kota layak anak tahun 2018 kategori pratama dari Kementerian Pemberdayaa Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia sebagai apresiasi yang diberikan pemerintah pusat yang dinilai telah melakukan pembangunan pemenuhan kebutuhan standar anak.

Kabupaten layak anak merupakan kabupaten yang mempunyai sistem pembangunan berbasis hak anak. melalui pengintegrasian komitmen dan sumber daya pemerintah, masyarakat dan dunia usaha yang terencana secara menyeluruh dan berkelanjutan dalam kebijakan, program dan kegiatan untuk menjamin terpenuhinya hak dan perlindungan anak.

Sebagai penutup, pada kesempatan yang berbahagia ini perlu saya sampaikan bahwa berbagai tantangan alhamdullillah telah kita lalui bersama, mulai sekarang kita akan melangkah kedepan dengan penuh harapan untuk mewujudkan karimun terdepan di bawa ridho Allah SWT, baldatun thayyibatun wa rabbun ghafur. Oleh sebab itu, kami mengharapkan dukungan pemerintah provinsi, dprd kabupaten karimun, fkpd, seluruh lapisan masyarakat dan seluruh aparatur pemerintah kabupaten karimun untuk bersama sama bahu membahu dan bekerja sama dengan menanamkan tekad dan membulatkan semangat agar ke depan seiring dengan se­ makin beratnya tantangan di berbagai sektor pembangunan, kita dapat memberikan karya terbaik sesuai profesi, tugas dan fungsi yang kita emban, sehingga karimun akan jauh lebih baik dari hari ini.

Melalui kesempatan yang berbahagia ini kami mengharapkan dukungan seluruh lapisan masyarakat dan seluruh aparatur Pemerintah Kabupaten Karimun untuk bersama­sama bahu membahu dan bekerjasama dalam rangka mencapai target dan sasaran pembangunan yang telah ditetapkan, insya allah, kita pasti bisa mewujudkannya sesuai dengan motto penggerak pembangunan Kabupaten Karimun yaitu “Kerja Amanah, Kerja Keras, dan Kerja Cerdas” (***)
Pewarta :
Editor: Rusdianto Syafruddin
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar