Kemenpar jual paket wisata Borobudur di Batam

id Wisata

Kemenpar jual paket wisata Borobudur di Batam

Sejumlah Biksu sedang berada di lantai atas Candi Borobudur di Magelang, Jawa Tengah, beberapa waktu lalu. (Antara Foto/Anis Efizuddin)

Batam (Antaranews Kepri) - Kementerian Pariwisata menjual paket wisata Borobudur yang merupakan salah satu destinasi pariwisata prioritas (DPP) andalan dalam mendatangkan wisatawan mancanegara dan nusantara di Kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau.

Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Kemenpar, Wawan mengatakan, misi tersebut untuk mendorong peningkatan wisnus melalui penjualan paket-paket wisata ke Borobudur. 

"Misi penjualan DPP Borobudur dengan memfasilitasi 10 industri pariwisata dari Yogjakarta dan Jawa Tengah sebagai seller untuk bertemu bisnis dalam table top dengan sekitar 70 industri pariwisata Provinsi Kepri sebagai buyer," kata Wawan di Batam, Kamis (25/10)..

Wawan menambahkan, tahun ini target kunjungan wisnus ke objek wisata Borobudur sebanyak 4,3 juta dan akan meningkat menjadi 5 juta di 3019.

Kata dia, dipilihnya Kota Batam sebagai tempat untuk memasarkan paket wisata Borobudur dengan mempertimbangkan unsur 3A. 

"Tiga A itu atraksi, amenitas dan aksebilitas, terutama untuk konektivitas penerbangan langsung dari Bagam ke Semarang, Jawa Tengah maupun ke Yogyakarta," paparnya. 

Saat ini kata Wawan, penerbangan dari Batam ke Semarang tercatat enam kali penerbangan sehari dan Yogyakarta 23 kali penerbangan.

"Misi penjualan ini sebagai bagian dari strategi memasarkan 10 DPP dengan pendekatan destination, origination dan time," ujarnya.

Sementara, Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Kepri Buralimar, mengatakan pihaknya siap membantu dinas pariwisata DIY untuk mendatangkan wisatawan dari Kepri ke Yogyakarta.

"Dari catatan kita dari Kepri ini banyak mahasiswa kita kuliah di Yogyakarta dan Bandung," ujarnya. 

Ia berharap nantinya juga akan ada wisnus dari Yogyakarta ke Provinsi Kepri.

Di tempat yang sama, Ketua DPD Gabungan Industri Pariwisata Indonesia (GIPI) Provinsi Kepri Tupa Simanjuntak mengatakan, dari Kota Batam tercatat wisnus yang mengunjungi Provinsi DIY mencapai 360 ribuan orang.

"Trendnya dari tahun ke tahun terus meningkat dan kita berharap ini bisa mix dan Yogyarakta bisa mendatangkan wisnus ke Kepri sekitar 360 ribuam orang juga," ujarnya.

Tupa mengatakan tidak menutup kemungkinan dinas pariwisata dan GIPi Provinsi Kepri akan melaksanakan kegiatan serupa di Yogyakarta untuk mendongkrak jumlah wisnus ke Kepri.

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE