Polres TPI Gelar Simulasi Pengamanan TPS

id TPS

Kapolres Tanjungpinang AKBP Ucok Lasdin Silalahi memberikan pengarahan di sela simulasi pengamanan TPS di Mapolres Tanjungpinang, Senin (4/2). Antaranews Kepri/Ogen

Tanjungpinang (Antaranews Kepri) - Polres Tanjungpinang menggelar simulasi pengamanan Tempat Pemungutan Suara (TPS) dalam rangka Operasi Mantap Brata Seligi 2019, di Lapangan Mapolres Tanjungpinang, Senin (4/2). 

Kapolres Tanjungpinang AKBP Ucok Lasdin Silalahi mengatakan kegiatan ini menjadi bekal sekaligus pedoman yang harus dipahami oleh setiap anggota Polri, khususnya bagi anggota yang akan melaksanakan tugas pengamanan di TPS. 

"Sehingga pemilu bisa berjalan dengan aman, damai, sejuk serta berkualitas," ujar Ucok.

Secara teknis simulasi tersebut disampaikan oleh Komisioner KPU Tanjungpinang. Seperti tata cara pemungutan suara dan tupoksi masing-masing petugas, mulai dari tugas ketua KPPS, anggota KPPS, saksi, pengawas, linmas dan tugas Polri.

Selain itu, pada hari yang sama juga dilanjutkan dengan latihan Pengamanan Pemilu Legislatif dan Presiden diwilayah Kodim 0315/Bintan.

Dalam kegiatan ini, Ucok menyampaikan penyelenggaraan Pemilu 2019 berbeda dengan pemilu-pemilu sebelumnya. Di mana pemilu Presiden serentak dengan Pemilu Legislatif. 

"Pelaksanaannya tentu tidak terlepas dari peran besar TNI-Polri," katanya. 

Menurut Ucok, saat ini pelaksanaan kegiatan pengamanan pemilu yang dilakukan Polri masih berjalan pada tahap Kampanye. Di kepolisian pelaksanaan setiap tahapan pemilu masuk ke dalam Operasi Mantap Brata 2019 yang dimulai sejak 20 September 2018 lalu. 

Menurutnya, ke depan sinergitas TNI-POLRI dan masyarakat akan terus ditingkatkan agar situasi kamtibmas di kota Tanjungpinang berlangsung kondusif, dan terhindar dari segala bentuk berita bohong maupun kampanye hitam yang bertujuan untuk memecah belah keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

"Kami juga sudah diamanatkan oleh Undang- Undang untuk melaksanakan prinsip-prinsip pengamanan dengan netral," ucapnya. 
Pewarta :
Editor: Joko Sulistyo
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar