Pemkot Batam ajak warga ngabuburit sambil belajar buat ketupat

id ardiwinata, Batam wonderfood Ramadhan, cara membuat ketupat, ketupat padang, ketupat batam

Pemkot Batam ajak warga ngabuburit sambil belajar buat ketupat

Tim Disbudpar Kota Batam memeragakan cara membuat ketupat dalam Batam Wonderfood Ramadhan 2019 di Dataran Madani, Kota Batam. (Humas Pemkot Batam)

Batam (ANTARA) - Pemerintah Kota Batam Kepulauan Riau mengajak warganya menghabiskan waktu menunggu waktu berbuka puasa dengan belajar membuat ketupat.

"Kita belajar membuat ketupat bersama-sama di Batam Wonderfood Ramadhan," kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Batam, Ardiwinata di Batam, Selasa.

Batam Wonderfood Ramadhan merupakan bazar khusus yang diselenggarakan Pemkot Batam di Dataran Madani, hingga 24 Mei 2019.

Di antara tenda-tenda yang menjajakan makanan khas berbuka puasa dan berbagai kebutuhan masyarakat lainnya, Pemkot Batam menyiapkan panggung untuk diisi berbagai atraksi, di antaranya cara membuat ketupat.

"Panggung itu disiapkan untuk diisi berbagai atraksi, hari ini cara membuat ketupat, dan di sini kita baru tahu, ada banyak macam rupanya," kata dia.

Setidaknya terdapat tiga jenis cara membuat ketupat yang diperagakan di atas panggung Batam Wonderfood Ramadhan, yaitu ketupat bawang, wajik dan burung, yang dicontohkan staf Disbudpar Muhammad Zein, Diansyah dan Murni.

Rumah ketupat tidak hanya sekedar sarang pembungkus nasi, melainkan memiliki unsur budaya masyarakat, dan tata cara membuatnya yang terlihat rumit, padahal mudah.

Ardi menyatakan sengaja memilih peragaan pembuatan ketupat, karena makanan itu biasa disajikan istimewa saat Lebaran.

Atraksi membuat ketupat, masih akan mengisi panggung Batam Wonderfood Ramadhan hingga beberapa hari ke depan.

"Setelah itu baru akan ada pembuatan gasing, enggrang, dan kami rencanakan juga tata cara membuat lemang," kata dia.

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE