Astros perkuat pertahanan negara di Natuna

id Natuna, Astros, Alexsander Argo, tni

Astros perkuat pertahanan negara di Natuna

Iringan Astros saat istirahat di Pian Tengah, Natuna, Kamis (14/11) Siang. (ANTARA/cherman)

Ranai (ANTARA) - Kedatangan 14 unit Roket Astros II MK 6 dan Materiil Shipment I Astros di Pulau Natuna disambut hangat oleh Tim Penjemputan yang dipimpin Lettu Arm Alexander Argo, Komandan Rai Armed Yonkomposit I Garda Pati Natuna.



Kehadiran alutsista jenis roket itu, merupakan bagian dari upaya pemerintah dalam memperkuat pertahanan Negara di Pulau Natuna, Hal itu membuat Komandan Rai Armed dengan ciri khas irit senyum itu terlihat lega.



"Ini merupakan sejarah baru bagi TNI, karena untuk pertama kalinya alutsista terbaru dan moderen milik TNI AD ditempatkan di luar Pulau Jawa," kata Argo kepada Antara saat memimpin iringan kendaraan Astros dari Selat lampa ke Markas Armed Teluk Buton, Kamis pagi.



Secara pribadi Ia merasa bangga atas kehadiran alutsista tersebut, karena selama 1 tahun berada di Natuna, Ia telah melakukan persiapan akan hadirnya salah satu senjata canggih jenis Astros di pulau terdepan NKRI itu.



"Hari ini hadir, apa yang ditunggu-tunggu, ini suatu kebanggaan bagi saya karena dipercayakan negara untuk melakukan persiapan dan penempatan astros ini di Natuna," ungkapnya.



Sebelumnya,14 Astros pada Rabu (13/11) siang tiba di Natuna melalui pelabuhan Selat Lampa menggunakan LCT Perkasa Prima 7.



Selain Tim Penjemput, hadir pula Tim Peninjau dari PT. Poris dan PT. Duta Sarana Transportasi. 



14 Unit Astros rencana akan ditempatkan di Natuna sebagai bagian dari alutsista pendukung Kesatuan Militer Terintegrasi Natuna.



Sementara, Komandan Batalyon Komposit 1/Gardapati Letkol Inf Rahmat mengatakan, satuan terintegrasi meliputi Kompi Zeni Tempur, Baterai Rudal Artileri Pertahan Udara dan Baterai Artileri Medan.



"Roket Astros merupakan senjata terbaru buatan Avibras Aeroespecial Brasil, memiliki daya jangkau sejauh 300 km, Ia juga mempunyai daya ledak dan hancur super kuat, nanti akan ada prosesi secara resmi dan serah terima ini di Natuna oleh Panglima TNI langsung," kata Rahmat saat ikut meninjau secara langsung di Selat Lampa.

Pewarta :
Editor: Rusdianto Syafruddin
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar