Serapan APBD Kepri 2019 capai 90 persen

id Serapan APBD

Serapan APBD Kepri 2019 capai 90 persen

Ketua Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) Provinsi Kepri, Arif Fadillah. (Antara/Ogen)

Tanjungpinang (ANTARA) - Serapan APBD Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) jelang tutup tahun 2019 sudah mencapai 90 persen atau sekitar Rp3,4 triliun dari target realisasi sebesar Rp3,8 triliun.

Ketua Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) Provinsi Kepri, Arif Fadillah, menyatakan capaian tersebut lebih baik dibanding periode yang sama tahun 2018 sebesar 86,67 persen.

"Hingga 31 Desember 2019 atau batas terakhir, kami optimistis serapan APBD bisa mencapai 99 persen," kata Arif Fadillah, Sabtu.

Dia mengatakan, pihaknya terus bekerja siang dan malam demi mengejar target tersebut, terutama menyangkut serapan keuangan.

Kemudian, lanjut dia, mendorong OPD yang menangani proyek fisik segera menyelesaikan pekerjaannya.

"Karena ada sejumlah proyek yang belum siap. Kita harapkan dengan waktu yang ada, paling tidak bisa dimaksimalkan," sebut Arif.

Arif juga mengevaluasi lambannya proses lelang kegiatan fisik di tahun 2019, sehingga menyebabkan ada proyek yang tidak bisa selesai tepat waktu.

Maka itu, ia mengimbau di tahun 2020 mendatang seluruh Kepala OPD selaku Pengguna Anggaran dan Kuasa Pengguna Anggaran yang telah menerima Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) 2020 dapat segera melaksanakan semua kegiatan yang telah direncanakan dalam bentuk program atau kegiatan yang tercantum dalam DPA-SKPD Tahun Anggaran 2020.

Arif menegaskan agar Kepala OPD secepatnya memasukkan anggaran tersebut ke dalam Sistem Rencana Umum Pengadaan - Unit Layanan Terpadu (SiRUP - ULP) agar bisa segera dilelang.

"Kita tak ingin tahun 2020 nanti terjadi gagal atau tunda lelang yang akhirnya dapat menyebabkan proyek-proyek tidak selesai," tegas Arif.
 

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE