Pemkab Natuna siapkan Rp15 miliar tangani COVID-19

id Antisipasi COVID-19

Pemkab Natuna siapkan Rp15 miliar tangani COVID-19

Bupati Natuna, Hamid Rizal. (ANTARA/Ogen)

Tanjungpinang (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau, menyiapkan anggaran sebesar Rp15 miliar untuk pencegahan serta penanganan wabah virus corona baru atau COVID-19.

"Dana tersebut diharapkan mampu mencukupi kebutuhan Satgas COVID-19 hingga lima bulan ke depan," kata Bupati Natuna, Abdul Hamid Rizal di Tanjungpinang, Rabu.

Menurut dia, dana Rp15 miliar tersebut diperoleh dari pemangkasan anggaran kegiatan di setiap organisasi perangkat daerah (OPD) seperti perjalanan dinas dan kegiatan seremonial.

"Seluruh OPD sudah menyepakatinya melalui rapat internal," ujar Bupati.

Menurut dia, anggaran tersebut merupakan bentuk tanggung jawab Pemerintah Daerah yang diperoleh dari penarikan penyertaan modal kepada Bank Riau, sehingga penanganan COVID-19 dapat lebih maksimal.

Hamid juga menyatakan bahwa dana yang tersedia nantinya akan dialokasikan buat pemberian insentif kepada petugas medis baik dokter, perawat serta pihak yang terlibat dalam penanganan pasien COVID-19.

Namun, untuk mengoptimalkan upaya penanganan kondisi ini, Hamid turut mengajak seluruh masyarakat untuk perbanyak ibadah dan berdoa agar Natuna terhindar dari COVID-19.

"Warga kami imbau menerapkan pola hidup bersih dan sehat, menghindari tempat keramaian serta mengurangi aktivitas di luar rumah jika tidak ada hal yang bersifat mendesak,” sebut Bupati.


 
Pewarta :
Editor: Rusdianto Syafruddin
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar