AJI Kota Tanjungpinang gagas gerakan jurnalis lawan COVID-19

id Antisipasi COVID-19,penanganan corona,virus corona,corona,covid-19,2019-ncov,novel coronavirus 2019

AJI Kota Tanjungpinang gagas gerakan jurnalis lawan COVID-19

Jurnalis yang tergabung di dalam organisasi AJI Tanjungpinang, Kepri menyerahkan bantuan sembako kepada warga tidak mampu melalui gerakan jurnalis lawan COVID-19. (ANTARA/HO/Dokumentasi AJI Tanjungpinang)

Tanjungpinang (ANTARA) - Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Kota Tanjungpinang, Kepri melaksanakan gerakan Jurnalis Lawan COVID-19 sebagai wujud partisipasi aktif para jurnalis mencegah penyebaran virus tersebut.

Ketua AJI Kota Tanjungpinang, Jailani, Rabu mengatakan gerakan tersebut dilakukan untuk membantu program pencegahan penyebaran COVID-19 yang sudah dimaklumatkan oleh Pemerintah Provinsi Kepri dan Pemerintah Kota Tanjungpinang.

Terutama terkait imbauan pemerintah agar warganya tidak beraktivitas di luar rumah bila tidak perlu buat memutus mata rantai COVID-19.

"Namun, ketika aktivitas ataupun pekerjaan banyak dilakukan di rumah tentu membutuhkan persediaan berupa kebutuhan pokok untuk bertahan demi kelangsungan hidup," ujar Jailani.

Di sisi lain, kata dia, AJI Tanjungpinang menyadari bahwa kemampuan pemerintah daerah untuk meng-cover kebutuhan ini sangat terbatas.

Solusinya adalah melalui gerakan bersama, bagi yang punya kemampuan bisa membantu yang tidak mampu ataupun kurang mampu.

"Makanya slogan yang kita usung, Bersama Kita Bisa Melawan COVID-19," imbuhnya.

Sebagai organisasi, lanjut dia, AJI tentu juga punya tanggungjawab sosial meskipun di tengah keterbatasan.

AJI mengajak pihak-pihak atau individu yang punya kemampuan yang lebih untuk tergerak hatinya bagi membantu kebutuhan warga tidak mampu di Kepri, khususnya Tanjungpinang. Sebab, COVID-19 ini juga menyebabkan timbulnya persoalan ekonomi baik itu bagi pedagang kecil, maupun masyarakat lemah dalam sisi ekonomi.

"Makanya kita menghimpun donasi untuk memberikan bantuan sembako kepada masyarakat sasaran. Kami juga sedang menjajaki bahan pembuatan masker sebagai salah satu Alat Pelindung Diri (APD) bagi masyarakat dan penyediaan alat cuci tangan portabel," sebut Jailani.

Sampai saat ini sudah ada 19 paket yang disalurkan kepada masyarakat. Paket tersebut berupa beras premium lima kilogram, minyak goreng satu liter, gula, teh, telur dan makanan siap saji.

Jailani berharap akan banyak lagi masyarakat yang berkemampuan menyalurkan donasinya melalui AJI Kota Tanjungpinang. Sehingga dengan partisipasi aktif semua elemen masyarakat, wabah ini bisa diatasi dan cepat berlalu.



 

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE