Penyandang disabilitas Natuna berbagi berkah Ramadhan

id Natuna, KRPD, Tunanetra, disabilitas, berkah ramadhan, sembako, berbagi sembako

Penyandang disabilitas Natuna berbagi berkah Ramadhan

Anggota Komunitas Rumah Peduli Disabilitas (KRPD) Natuna membagikan bantuan sembako kepada penyandang disabilitas yang ada di Kabupaten Natuna, khususnya di Pulau Bunguran, Minggu (17/5). (Antara Kepri/ Cherman)

Ranai, Natuna (ANTARA) - Komunitas Rumah Peduli Disabilitas (KRPD) Natuna membagikan bantuan sembako kepada penyandang disabilitas yang ada di Kabupaten Natuna, khususnya di Pulau Bunguran.

"Sembako dibagikan kepada penyandang disabilitas yang juga tidak mampu secara ekonomi, itu berdasarkan pendataan yang dilakukan KRPD selama ini," kata ketua KRPD, Ary Putra.

Penyerahan paket sembako diantar langsung ke rumah 20 penerima bantuan yang tersebar di Kecamatan Bunguran Selatan, Bunguran Timur dan Bunguran Timur Laut. 

Paket sembako diserahkan langsung oleh ketua KRPD, Ary Putra bersama beberapa pengurus dan relawan.

Menurut Ary, pembagian paket sembako ini merupakan hasil dari sumbangan para donatur yang dikumpulkan selama hampir satu bulan. 

"Kita berharap bisa berbagi kebahagiaan bersama mereka yang terbatas secara fisik, serta terbatas secara ekonomi, jangan hitung nilainya tapi lihatlah niat tulus dari para donatur yang sudah menyumbang". Ungkap Ary Putra yang juga penyandang tunanetra.

Lanjut Ary, meskipun dengan keterbatasan yang ada, tidak menyurutkan semangat mereka untuk bisa berbagi sesama penyandang disabilitas. 

Kegiatan seperti ini menurut Ary, kedepannya akan terus dilakukan.

"Semoga semangat kami bisa menginspirasi kawan-kawan disabilitas yang lain" imbuhnya.

Ia juga menjelaskan, KRPD adalah wadah untuk menjadi "rumah besar" bagi penyandang disabilitas yang ada di Kabupaten Natuna. 

"KRPD memiliki program pemberdayaan penyandang disabilitas agar bisa memotivasi untuk menumbuhkan rasa percaya diri para penyandang," ujarnya.

Lanjut dia, dengan begitu, mereka diharapkan agar bisa mandiri, berkarya, sehingga bisa meringankan beban keluarga dan peran aktif dalam pembangunan.

Sejak KRPD berdiri Desember 2019 telah melaksanakan kegiatan rutin pembinaan bakat para penyandang, diantaranya kegiatan konseling dan kegiatan sosial. 

Selain itu, KRPD juga telah membentuk grup musik akustik d'CARE Disability Akustik. 

"Grup musik ini mengakomodir penyandang yang memiliki bakat musik. Mereka sudah tampil di beberapa Cafe yang ada di Kota Ranai dan mendapat antusias positif dari masyarakat. Bahkan d'CARE juga telah menghasilkan single dengan tema bulan Ramadhan beberapa waktu yang lalu dan telah dirilis di Chanel Youtube KRPD," kata Ary.

 

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE