Dua turis tersesat di hutan

id turis tersesat,turis bali,basarnas bali

Dua  turis  tersesat di hutan

Dua turis asal Amerika Serikat yang tersesat di hutan desa di Selumbung saat menjalani pemeriksaan di Kantor Polsek Manggis, Karangasem Bali, Minggu (21/6/2020). ANTARA/HO-Humas Basarnas Bali

Karangasem (ANTARA) - Tim SAR dari Kantor Pencarian dan Pertolongan Denpasar menemukan dua turis asal Amerika Serikat yang tersesat di hutan Desa Selumbung, Kabupaten Karangasem, Bali, Minggu (21/6).

Dalam siaran pers Kantor Pencarian dan Pertolongan Denpasar, Senin, Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Denpasar Gede Darmada menjelaskan, turis bernama Earl Rowland (24) dan Ridge Khaled Feras (26) pada Minggu memulai perjalanan menggunakan motor dari Amed sekitar pukul 17.00 WITA menuju Pererenan menggunakan peta Google sebagai panduan.

"Rupanya petunjuk mengarah ke Selumbung, sampai mereka tersesat di Bukit Catu, Kecamatan Manggis, Karangasem," katanya.

Satu dari dua turis itu kemudian menghubungi rekannya untuk meminta pertolongan. "Malam itu teman korban yang bernama Isabela melapor ke Kantor Basarnas Bali pukul 21.20 WITA. Dua WNA itu merasa panik karena tersesat dan hari mulai gelap," kata Gede Darmada.

Ia menuturkan, Rowland dan Ridge berusaha keluar dari hutan dengan berjalan kaki karena medan sulit dan jalanan licin. Sekitar pukul 23.30 WITA, keduanya ditemukan dalam keadaan baik di lokasi yang berada sekitar satu kilometer dari permukiman warga. Keduanya kemudian diantar ke penginapan mereka di Pererenan, Badung.

"Beruntung mereka masih bisa mengakses jaringan internet, sehingga bisa share (bagi) lokasi dan ternyata posisinya tak terlalu jauh dari jalan setapak," katanya.

"Dari pengakuannya, mereka pertama kali datang ke Karangasem. Sedangkan turis asing bernama Rowland itu sudah berada di Bali sekitar satu tahun," ia menambahkan.

Pewarta :
Editor: Evi Ratnawati
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar