Debat kandidat Pilkada Batam dilaksanakan terbatas

id pilkada batam 2020,debat pilkada batam 2020,pilkada serentak 2020,kpu batam

Debat  kandidat Pilkada Batam dilaksanakan terbatas

Peserta Pilkada Batam 2020. (Naim)

Batam (ANTARA) - Pelaksanaan debat pasangan calon kepala daerah dalam Pilkada Batam 2020 diadakan dengan jumlah peserta terbatas, demi mengikuti protokol kesehatan COVID-19.

"(Pelaksanaannya) terbatas," kata Pjs Wali Kota Batam Syamsul Bahrum di Batam, Selasa.

Rencananya, debat pasangan calon kepala daerah peserta Pilkada Batam 2020 digelar di salah satu hotel di kota setempat pada 25 November 2020.

Pelaksanaan debat disiarkan secara langsung di televisi yang siaran di daerah setempat, Batam TV.

"Jadi 'suporter' bisa lihat di rumah. Jadi tidak ada tayangan di luar," kata dia usai rapat bersama Forum Komunikasi Perangkat Daerah.

Dalam kesempatan itu, ia menyampaikan KPU akan menggelar simulasi Pilkada Sehat pada 21 November 2020. Ia mengatakan dalam simulasi itu, KPU akan menyosialisasikan 12 item pelaksanaan pilkada yang baru, terkait protokol kesehatan saat pesta demokrasi.

Saat ini, KPU Batam telah menerima surat suara dan dalam proses pelipatan.

"Kami minta aparat keamanan mendampingi pelaksanaan pelipatan tadi," kata dia.

Sementara itu, KPU Batam memastikan proses pelipatan kertas suara untuk Pilkada Batam 2020 tetap mematuhi protokol kesehatan COVID-19, demi menghindari penularan Virus Corona.

"Protokol kesehatan itu tetap, mencuci tangan teratur dan pengukuran suhu tubuh itu sudah pasti. Pelipat juga wajib menggunakan masker. Jarak antarpelipat juga dijaga agar tidak berdekatan," kata Ketua Komisi Pemilihan Umum Kota Batam, Herigen Agusti.

Bahkan, pihaknya juga meminta agar tenaga kesehatan dari Dinas Kesehatan setempat untuk berjaga-jaga.

Saat ini, kertas suara untuk Pilkada Kepri sudah sampai dan dalam proses pelipatan suara di gudang KPU. Terdapat 603.260 lembar surat suara yang harus dilipat, yaitu sesuai jumlah daftar pemilih tetap sebanyak 587.257 ditambah 2,5 persen.

Sedangkan surat suara untuk Pilkada Batam direncanakan tiba pekan depan dan akan dilipat oleh masyarakat sekitar.


 
Pewarta :
Editor: Evi Ratnawati
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar