226 kegiatan dalam kalender pariwisata Kepri 2021

id kalender pariwisata kepri 2021, kalender pariwisata 2021, kadispar kepri buralimar

226 kegiatan dalam kalender pariwisata Kepri 2021

Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Kepulauan Riau Buralimar menyerahkan hand sanitizer pada Menparekraf Sandiaga Uno di Batam, beberapa waktu lalu. (Naim)

Batam (ANTARA) - Dinas Pariwisata Provinsi Kepulauan Riau menyiapkan 226 kegiatan dalam kalender pariwisata 2021 untuk menyambut kunjungan wisatawan domestik di tengah pandemi COVID-19.

"Meski pandemi 'calender of event' tetap dibuat," kata Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Kepulauan Riau Buralimar di Batam, Selasa.

Sebanyak 226 kegiatan pariwisata yang disusun itu rencananya digelar di seluruh kabupaten dan kota sepanjang 2021.

Ia menyatakan pada masa pandemi ini, pemerintah memang fokus pada pengembangan wisatawan domestik, mengingat pintu perbatasan yang masih ditutup.

Hotel dan resor yang tersebar di penjuru Batam dan Bintan diharapkan bisa menjadi wisata "staycation" warga setempat, juga pelancong dari daerah lain di Indonesia.

"Wisman tidak lagi menjadi yang utama. Kami garap 'staycation' domestik, targetnya wisnus," kata Buralimar.

Pariwisata Kepri juga digenjot untuk pasar masyarakat kelas menengah ke bawah, demi menghasilkan devisa untuk negara.

Buralimar menjelaskan kegiatan-kegiatan pariwisata yang akan digelar sepanjang tahun 2021, yaitu pada Januari, di antaranya Batam Food Festival dan Foodie City Festival Bazar di Batam.

Kemudian pada Februari akan digelar Chinese New Year Festival di Tanjungpinang dan Batam, Malay Food Festival Rindu Masakan Kampung di Batam, Pameran Budaya Indonesia di Tanjungpinang, Sail to Lingga Neptune Regatta dan Festival Pulau Penyengat Virtual.

Maret akan ada Tour de Bintan di Bintan, wisata minat khusus explore Natuna dan Festival Lagi Melayu Kepri di Natuna. Pada April, akan ada sejumlah turnamen golf internasional di Batam.

Lalu Mei rencananya digelar Festival Lampu Cangkok di Bintan, Malam 7 Likur di Lingga, Festival Pantai Harapan di Natuna, dan Festival Belakangpadang Funbike di Batam. Juni, akan diadakan Bintan Triathlon, Festibal Keramat Binjai dan Festival Pulau Senoa di Natuna, serta Dragon Boat Race di Tanjungpinang.

Pada Juli, akan dilaksanakan Kepri Bike Week di Batam dan Festival Gunung Amerika di Natuna. Sedangkan Agustus, digelar Festival Perbatasan di Natuna, Ironman Bintan dan Semarak Museum di Hatiku di Tanjungpinang.

Lalu September akan dihelat Mandi Syafar di Natuna, Batam Natik Fashion Week dan Kenduri Seni Melayu di Batam. Oktober akan diselengggarakan Pawai Nasi Dong di Natuna, Kepri Carnival di Tanjungpinang, dan Sail to Indonesia di Lingga.

Pada November akan ada Wonderful Sail to Bintan dan Festival Gunung Daik di Lingga, serta Festival Paguyuban Nusantara di Batam dan Traditional Malay Culinary di Tanjungpinang pada Desember 2021.

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE