Rieke sampaikan selamat HUT Ke-80 Indonesia berdasarkan kalender Hijriah

id Rieke Diah Pitaloka,HUT Indonesia,9 Ramadhan

Rieke sampaikan selamat HUT Ke-80 Indonesia berdasarkan kalender Hijriah

Anggota Komisi VI DPR RI Rieke Diah Pitaloka menyampaikan orasi budaya pada acara Indarung Arts Market Festival 2022 yang digelar di Pabrik Indarung I. (ANTARA/HO-SIG)

Jakarta (ANTARA) - Rieke Diah Pitaloka, anggota Komisi VI DPR RI mengucapkan selamat Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-80 Kemerdekaan Indonesia berdasarkan kalender Islam atau Hijriah.

"17 Agustus 1945 saat proklamasi dikumandangkan tepat bertepatan dengan 9 Ramadhan 1364 Hijriah. Jadi, hari ini 9 Ramadhan 1444 H dalam kalender Hijriah merupakan perayaan 80 tahun Indonesia merdeka," kata Rieke, dikutip dari video yang diunggah di akun media sosial Instagramnya @riekediahp, Sabtu (1/4/2023).

Video tersebut menampilkan Rieke tengah berbicara sambil merekam dirinya dengan menggunakan kamera telepon genggam. Dia tampak berada di depan Ka'bah, Mekkah, Arab Saudi bersama ribuan jemaah umrah yang lain.

Rieke merasa bersyukur dapat melaksanakan umrah tepat di peringatan Kemerdekaan Ke-80 Republik Indonesia dalam hitungan kalender Islam.

Dalam catatan sejarah Nahdlatul Ulama (NU), Proklamator Kemerdekaan RI Soekarno meminta nasihat kepada Kiai Haji Hasyim Asy’ari, sebelum memproklamasikan kemerdekaan bangsa dan negara Indonesia.

Kiai Haji Hasyim Asy’ari memberi masukan, hendaknya proklamasi dilakukan hari Jumat pada bulan Ramadhan. Jumat merupakan "sayyidul ayyam" (penghulunya hari), sedangkan Ramadhan itu "sayyidus syuhur" (penghulunya bulan). Hari itu, tepat 9 Ramadhan 1364 Hijriah, bertepatan dengan 17 Agustus 1945, kemerdekaan Indonesia diproklamasikan.


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Rieke ucapkan selamat HUT Ke-80 Indonesia berdasarkan kalender Hijriah

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE