Natuna (ANTARA) -
Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kepulauan Riau (Kepri), menyosialisasikan pengawasan partisipatif kepada warga di Kabupaten Natuna.
 
Koordinator Divisi Pencegahan, pengawas dan Humas Bawaslu Kepri Mariyamah saat dihubungi melalui sambungan telepon dari Natuna, Minggu, mengatakan kegiatan itu digelar pada Minggu (11/8) di salah satu penginapan di Kecamatan Bunguran Timur.
 
Adapun total peserta pada kegiatan itu sebanyak 150 orang yang merupakan berbagai elemen organisasi masyarakat di wilayah setempat termasuk generasi milenial.

Kata dia, pada kegiatan itu pihaknya mengedukasi para peserta terkait tugas dan fungsi pengawas partisipatif.
 
"Kegiatan ini kita laksanakan selama satu hari dan diikuti oleh berbagai komunitas, baik OKP, LSM, RT, RW, generasi milenial serta kader pengawasan partisipatif," ucap dia.
 
Tujuannya adalah untuk meningkatkan pengawasan partisipatif Pilkada 2024 di Kabupaten Natuna. Menurut dia, sosialisasi ini perlu dilakukan guna menciptakan Pilkada yang jujur dan adil.
 
"Kegiatan ini juga kita lakukan di beberapa wilayah lainnya di Kepulauan Riau," ujar dia.
 
Ia menjelaskan seluruh elemen berperan penting dalam menciptakan Pilkada yang jujur dan adil.

Ia berpendapat, partisipasi Pemilu bukan hanya dengan menggunakan hak pilih pada pemilihan nanti melainkan juga turut mengawasi.
 
"Partisipasi bukan hanya memberikan hak suara di bilik suara, tapi lebih dari itu, seperti ikut mengawasi tahapan dan proses demi proses di Pilkada," imbuh dia.
 
Ia berharap semua tahapan berjalan dengan lancar dan Pilkada 2024 bersih tanpa pelanggaran.
 
"Masyarakat bisa melaporkan dugaan pelanggaran ke pengawas kami secara berjenjang dan masyarakat juga harus berani mencegah agar pelanggan tidak terjadi," tutur dia.

Baca juga:
Forum GenRe Kepri salurkan bantuan BTS untuk anak berisiko stunting

BP dan Pemkot Batam koordinasi berdayakan masyarakat Rempang

TNI AU gelar pasar murah di perbatasan Natuna

Pewarta : Muhamad Nurman
Editor : Angiela Chantiequ
Copyright © ANTARA 2024