Natuna (ANTARA) -
Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Natuna, Kepulauan Riau, menyosialisasikan penyelenggaraan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Holistik Integratif (HI) dalam menangani stunting dan transisi PAUD ke SD yang menyenangkan kepada bunda PAUD di daerah setempat.
 
Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Natuna Hendra Kusuma di Natuna, Kamis, mengatakan PAUD Holistik Integratif adalah program untuk mengembangkan anak usia dini.
 
Kata dia, Holistik Integratif menekankan kepada pembelajaran berpusat pada anak, dengan kegiatan bermain sambil belajar.
 
Program tersebut mencakup layanan gizi, kesehatan, pendidikan, pengasuhan, serta perlindungan, untuk mengoptimalkan semua aspek perkembangan anak
 
Sosialisasi itu, kata dia, penting diberikan agar bunda PAUD tahu peran mereka dalam menyukseskan HI.
 
"Usia dini merupakan periode emas (golden age) sekaligus masa kritis yang keberhasilannya sangat menentukan kualitas anak di masa dewasa nya," ucap dia.
 
Menurut dia, pada program ini juga menyasar kesehatan, gizi, pendidikan, pengasuhan, serta perlindungan untuk membangun anak secara keseluruhan dengan mengembangkan semua potensi, termasuk sosial-emosional, intelektual, moral, kreativitas, dan spiritual.

Ia berpendapat anak-anak usia dini perlu diberikan perhatian khusus pasalnya mereka merupakan calon pemimpin masa depan.
 
"Kepada kepala sekolah dan guru-guru untuk selalu semangat dalam membimbing, melatih, dan mendidik anak-anak sesuai dengan potensi yang dimiliki anak, dengan pondasi dasar yang berlandaskan Ketuhanan yang Maha Esa," ujar dia.

Baca juga:
KPU Natuna imbau warga cek data di DPS

BKPSDM Natuna: PPPK bisa mengikuti seleksi CPNS

Pemkab Natuna fasilitasi seleksi beasiswa kuliah Universitas Pertamina

Pewarta : Muhamad Nurman
Editor : Angiela Chantiequ
Copyright © ANTARA 2024