Tanjungpinang (ANTARA) - Gubernur Kepulauan Riau (Kepri) Ansar Ahmad pamit kepada Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk menjalani cuti kampanye politik karena kembali maju sebagai calon gubernur pada pilkada tahun 2024.

"InsyaAllah, saya mulai cuti tanggal 25 September 2024 sampai 23 November 2024 atau lebih kurang 59 hari," kata Gubernur Ansar di depan para ASN pada saat menjadi pembina upacara di lapangan kantor pusat Pemprov Kepri di Pulau Dompak, Tanjungpinang, Senin (23/9).

Ansar menyebut ia akan kembali aktif menjabat Gubernur Kepri pada tanggal 24 November 2024 atau pada masa-masa tenang menjelang pencoblosan pilkada tanggal 27 November 2024.

Selama masa cuti, katanya, sesuai aturan Perundang-Undangan maka Wakil Gubernur Marlin Agustina bakal ditunjuk sebagai Penjabat Sementara (Pjs) Gubernur Kepri.

Dia turut mengimbau semua ASN bersikap netral dalam menghadapi pilkada 2024, sekaligus tetap bekerja seperti biasa dalam melaksanakan tugas sebagai pelayan publik.

"Program-program kerja yang saat ini sedang berjalan agar bisa dilanjutkan dengan baik. Laksanakan tugas melayani masyarakat dengan sebaik-baiknya, karena semua akan dipertanggungjawabkan," ucap Ansar.

Ansar menambahkan selama masa cuti, ia bakal aktif keliling bertemu masyarakat di seluruh kabupaten/kota se-Kepri untuk berkampanye mensosialisasikan program-program kerja ketika nanti kembali terpilih menjadi Gubernur Kepri di pilkada 2024.

Mantan anggota DPR RI itu memastikan tidak akan menggunakan fasilitas negara selama masa kampanye sebagaimana larangan yang diatur dalam Undang-Undang Nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilu.

"Aturannya jelas melarang penggunaan fasilitas negara pada saat kampanye, pasti kita ikuti. Apalagi ini bukan kali pertama kita ikut pilkada," ujar Ansar.

Ansar Ahmad kembali maju di pilkada 2024 bersama Calon Wakil Gubernur Nyanyang Haris Pratamura. Keduanya akan bertarung melawan pasangan calon Muhammad Rudi dan Aunur Rafiq.

Baca juga:
KPU Natuna lakukan pengundian nomor urut paslon

KPU tetapkan dua paslon peserta Pilkada Kabupaten Lingga 2024

KPU Karimun tetapkan tiga paslon peserta Pilkada 2024

Pewarta : Ogen
Editor : Angiela Chantiequ
Copyright © ANTARA 2024