Jakarta (ANTARA) - Wakil Menteri Komunikasi dan Informatika Nezar Patria menargetkan pembangunan Pusat Dana Nasional (PDN) di Kota Batam Kepulauan Riau selama 3 tahun.

"Kalau ditargetkan, masih 3 tahun lagi itu karena ini 'kan masih tahap awal. Jadi, tergantung bagaimana kerja sama Indonesia dengan Korea," kata Nezardi Jakarta, Jumat.

Selama 3 tahun itu, pihaknya akan melakukan beragam tahapan pembangunan, mulai pemeriksaan lokasi, pemeriksaan aspek lingkungan, hingga pembangunan fisik.

Nezar mengatakan bahwa pihaknya juga akan terus berkoordinasi dengan Menko Polhukam terkait dengan keberlanjutan pembangunan PDN di Batam, seperti rapat yang digelar antara Menko Polhukam dan Menkominfo pada hari ini.

"Jadi, kami tadi review pembangunan PDN. Jadi, ada koordinasi dan kolaborasi antar-instansi untuk mengakselerasi pembangunan PDN di Batam," kata Nezar.

Selama pembangunan PDN di Batam, pihaknya tidak akan mengalami kendala teknis di lapangan.

Selama pembangunan PDN di Batam berlangsung, pihaknya akan tetap mengandalkan PDN di Cikarang yang mulai beroperasi pada tahun 2026 dan Pusat Data Nasional Sementara (PDNS) 2 di Surabaya sebagai pusat penyimpanan data nasional.

Sebelumnya, Menko Polhukam Hadi Tjahjanto mengatakan bahwa Pemerintah membangun tiga pusat PDN di Cikarang, Batam, hingga Ibu Kota Nusantara (IKN).

Hadi mengatakan bahwa PDN yang nantinya terbangun itu bakal beroperasi melalui badan layanan umum (BLU) di bawah Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo).


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Kominfo targetkan PDN Batam selesai dalam waktu 3 tahun

Pewarta : Walda Marison
Editor : Yuniati Jannatun Naim
Copyright © ANTARA 2024