Batam (ANTARA) - Kepala Kepolisian Daerah Kepulauan Riau (Kapolda Kepri) Irjen Pol. Yan Fitri Halimansyah mengingatkan pentingnya sinergitas antara aparat penegak hukum dan masyarakat untuk menjaga stabilitas, keamanan dan ketertiban.

"Sinergi antara aparat keamanan dan masyarakat sangat penting dalam menjaga stabilitas, keamanan, dan ketertiban, demi tercapainya pembangunan bangsa yang berkelanjutan," kata Yan Fitri di Batam, Kepulauan Riau, Selasa.

Menurut dia, sinergi ini sejalan dengan tema nasional peringatan Hari Kesaktian Pancasila 1 Oktober, yakni "Bersama Pancasila Kita Wujudkan Indonesia Emas".

Perwira tinggi Polri itu menyebut tema tersebut mengingatkan akan pentingnya persatuan dan kesatuan dalam bingkai Pancasila.

"Mengingatkan kita bahwa untuk mencapai Indonesia Emas pada tahun 2045, kita harus tetap bersatu dalam bingkai Pancasila," ujarnya.

Amanat ini disampaikannya pada upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila di Makopolda Kepri, Kota Batam.

Jenderal polisi bintang dua itu menambahkan, peringatan Hari Kesaktian Pancasila adalah momentum penting untuk mengenang kembali perjuangan bangsa dalam mempertahankan ideologi negara dari ancaman dari pihak-pihak yang ingin mengganggu kedaulatan Pancasila.

"Pancasila bukan hanya sekadar dasar negara, tetapi juga pedoman hidup bangsa yang harus terus dipertahankan dan diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari," katanya.

Upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila ini diawali dengan penghormatan kepada lambang negara, dilanjutkan dengan pembacaan naskah Pancasila dan ikrar kesetiaan terhadap Pancasila.

Diakhir amanatnya, Yan Fitri menyampaikan harapan kepada Polri dapat memperkuat semangat gotong royong dan kebersamaan dalam menghadapi berbagai tantangan, baik dalam menjaga keamanan wilayah maupun mendukung upaya pemerintah mewujudkan visi Indonesia Emas 2045.

Baca juga: Kapolresta Barelang sebut Pancasila harus dimplementasikan sehari-hari

Pewarta : Laily Rahmawaty
Editor : Angiela Chantiequ
Copyright © ANTARA 2024