Natuna (ANTARA) -
Dinas Pemadaman Kebakaran dan Penyelamatan (Disdamkarmat) Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau (Kepri), mengedukasi anak Taman Kanak-kanak (TK) tentang bahaya kebakaran.
 
Kepala Bidang Pencegahan Disdamkarmat Kabupaten Natuna Beni Suparta dihubungi melalui telepon dari Natuna, Rabu, mengatakan kegiatan dilaksanakan di Kantor Disdamkarmat Natuna yang berada di Kecamatan Bunguran Timur pada Rabu.

"Anak TK 004 Negeri Ranai, total siswa yang hadir 102 orang, guru pembimbing 11 orang dan ada orang tua siswa juga," ucap dia.
 
Ia menerangkan para siswa, guru pembimbing, dan orang tua, diberikan pemahaman terkait penyebab kebakaran, cara mencegah terjadinya kebakaran, cara meminimalisir dampak kebakaran, cara melindungi diri, cara menggunakan alat pemadam api ringan, alat pemadam api sederhana, dan cara menyelamatkan diri dari kebakaran.
 
"Untuk anak-anak kita beri edukasi terkait bahaya kebakaran dan kita kenalkan alat-alat pemadam serta cara melindungi diri," ujar dia.
 
Simulasi memadamkan api dengan alat pemadam sederhana (ANTARA/HO-Disdamkar Natuna)

Ia menerangkan edukasi diberikan sambil bermain guna membuat anak-anak betah. Selain itu anak-anak juga mengikuti simulasi evakuasi apabila ada kecelakaan di gedung sekolah.
 
"Untuk orang tua dan guru, kami ajarkan cara menggunakan APAR (Alat Pemadam Api Ringan) dan alat pemadam sederhana," ujar dia.
 
Usai diberikan edukasi anak-anak diajak berkeliling menggunakan mobil pemadam kebakaran.
 
"Kami harap edukasi yang kita berikan bermanfaat untuk anak-anak, guru, dan orang tua," ucap dia.
 
Ia menerangkan edukasi terkait bahaya kebakaran merupakan salah satu program bidangnya dengan tujuan mencegah dan meminimalisir dampak yang disebabkan oleh kebakaran.
 
"Untuk kegiatan hari ini, sekolah yang datang ke kantor kami, program ini juga kami buat untuk pelajar di semua jenjang, mulai PAUD, SD, SMP hingga SMA," ucap dia.

Pewarta : Muhamad Nurman
Editor : Angiela Chantiequ
Copyright © ANTARA 2024