Tanjungpinang (Antara Kepri) - Interkoneksi Gardu Induk (GI) Batam Bintan (Babin) Sri Bintan sudah beroperasi Agustus 2016.

"Saat ini transmisi gardu induk sudah beroperasi awal Agustus 2016 ini," kata Manger PLN Tanjungpinang, Armunanto, Selasa.

Menurut Armunanto, rampungnya pengerjaan GI oleh PLN UIP 2 Medan tersebut akan dilanjutkan untuk fokus menyelesaikan transmisi GI Air Raja yang sampai saat ini menuju tahap finishing.

 "Untuk gardu induk Kijang, akan kami gesa dan diselesaikan dalam Agustus juga," ucapnya. 

Armunanto optimis, setelah GI Ari Bintan, Air Raja, dan Kijang beroperasi, permasalahan listrik di Pulau Bintan dapat terselesaikan.

"Jika GI ini selesai semuanya, saya yakin listrik di Pulau Bintan dapat berjalan lancar, termasuk yang ada di Tanjungpinang," ucapnya.

Karena,  daya yang dimiliki disetiap gardu induk masing-masing untuk GI Air Raja 2 x 30 MVA, GI Sri Bintan 1 x 30 MVA, GI Kijang 1 x 30 MVA dan GI Tanjung Uban 2 x 30 MVA.

Artinya, sebagian dari transmisi akan mensubstitusi sebagian daya listrik saat ini, seperti yang ada di Tanjungpinang sebesar 73MW. (Antara)

Editor: Evy R. Syamsir


Pewarta : Saud MC
Editor :
Copyright © ANTARA 2024