Satgas Pangan tinjau harga kebutuhan pokok di Pasar Induk Batam

id Kepri,batam,bahan pokok,sembako,Pasar induk,Pasar induk Batam, kepulauan riau

Satgas Pangan tinjau harga kebutuhan pokok di Pasar Induk Batam

Tim Satgas Pangan Kepri melakukan peninjauan harga kebutuhan bahan pokok di pasar induk Tos 3000 Batam (ANTARA/Jessica)

Batam (ANTARA) - Satuan Tugas (Satgas) Pangan Kepulauan Riau melakukan peninjauan harga kebutuhan bahan pokok di pasar induk Tos 3000 Kota Batam jelang memasuki bulan Ramadhan.

Anggota Tim Satgas Pangan Kepri Kombes Pol Nasriadi di Batam, Selasa mengatakan mengatakan terdapat beberapa komoditas bahan pokok yang mengalami kenaikan harga salah satunya cabai.

"Kenaikan tersebut karena musim hujan sehingga produksi agak berkurang. Akibat transportasi , kalau pakai pesawat, harga cabai segar maka akan naik. Kalau pakai transportasi laut maka lebih murah tapi kualitas turun," kata Kombes Pol Nasriadi.

Dengan begitu pihaknya akan terus mengontrol agar kenaikan harga tidak melonjak dan kebutuhan masyarakat tidak terhambat menjelang bulan Ramadhan.

Kata Kombes Pol Nasriadi, jika terdapat oknum yang melakukan penimbunan bahan pokok, pihaknya akan dilakukan proses secara pidana.

"Kemudian jika ada ditemukan tengkulak-tengkulak yang menimbun bahan pokok dan lainnya secara sengaja serta menyebabkan kelangkaan di pasar, kita akan proses secara pidana," kata Kombes Pol Nasriadi.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Batam Gustian Riau mengatakan penyebab kenaikan harga bahan pokok berasal dari daerah penghasil.

Lebih lanjut, Pemkot Batam segera menggesa Kerjasama Antar Daerah (KAD) dengan wilayah penghasil, di antaranya Lombok dan Kediri.

"Ada lagi wilayah yang kita sasar yaitu Medan. Kita kerjasama. Ini kami sudah dilakukan kerjasama dengan mereka , tinggal nanti tindaklanjuti lagi sebelum memasuki bulan Ramadhan," ujar Gustian.

Berdasarkan hasil peninjauan di pasar induk Tos 3000, harga bawang merah lokal Rp26 ribu per kilogram, harga bawang Birma Rp12 ribu per kilogram.

Sementara harga cabai rawit jawa (setan) Rp75 ribu per kilogram yang mengalami kenaikan Rp5 ribu dari harga sebelumnya.

Harga cabai rawit dari Aceh Rp45 ribu per kilogram yang pengirimannya melalui kapal, sementara cabai rawit dari Mataram dijual Rp60 ribu per kilogram yang dikirim melalui pesawat.

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE