China bangun kapal induk tanpa awak, diklaim pertama di dunia

id kapal induk,kapal china,militer china,alutsista china, kapal induk nirawak,pla china,armada china

China bangun kapal induk tanpa awak, diklaim pertama di dunia

Arsip - Kapal induk pertama China, yang direnovasi dari kapal induk tua yang dibeli dari Ukraina pada 1998, terlihat merapat di Pelabuhan Dalian, Liaoning, 22 September 2012. (ANTARA/Reuters/Stringer/as)

Beijing (ANTARA) - China membangun kapal induk tanpa awak yang bisa dikendalikan menggunakan remote dan mampu melakukan navigasi mandiri di perairan terbuka.

Southern Marine Science and Engineering Guangdong Laboratory (SMSEGL) yang mengembangkan kapal induk drone bernama Zhu Hai Yun itu mengklaim sebagai kapal induk tanpa awak pertama di dunia.

Kapal itu memasuki galangan kapal di Pelabuhan Gaolan,  Provinsi Guangdong, pada Kamis (12/1), dan menjalani proses konstruksi selama 1,5 tahun, demikian media setempat, Jumat.

Pihak pengembang menyatakan rancangan dan konstruksi Zhu Hai Yun mengikuti prinsip-prinsip kecerdasan artifisial yang ramah lingkungan, dukungan sains dalam sistem nirawak, dan futuristik.

Sistem penggerak, propulsi, teknologi artifisial, dan sistem-sistem pendukung lain dikembangkan mandiri oleh tim peneliti China.

"Zhu Hai Yun nantinya akan menjadi kapal laut tanpa awak pertama yang diuji secara profesional," ujar Direktur SMSEGL Chen Dake.

Uji coba bertujuan demi mengetahui kinerja navigasi otonom kapal nirawak tersebut.

Menurut Chen, kapal itu akan bernavigasi secara mandiri selama 12 jam tanpa henti dalam menghadapi berbagai rintangan dan membuat perencanaan jalur yang akan dilalui.






 

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: China bangun kapal induk nirawak, diklaim pertama di dunia

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE