Satgas COVID-19 Sumut kunker ke Batam bahas survei herd immunity

id Survei herd immunity

Satgas COVID-19 Sumut kunker ke Batam bahas survei herd immunity

Jajaran Pemkot Batam dan Satgas COVID-19 Sumut bahas rencana survei herd immunity, Senin (22/11). (ANTARA/HO-Humas Pemkot Batam)

Batam (ANTARA) - Satgas COVID-19 Provinsi Sumatera Utara (Sumut) melakukan kunjungan kerja ke Kota Batam, Kepri, dalam rangka membahas survei herd immunity atau kekebalan komunal yang akan dilakukan di Kota Medan. 

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Batam Jefridin Hamid yang menerima rombongan Satgas COVID-19 Sumut mengaku sangat menyambut baik dan siap berbagi pengalaman dalam melaksanakan survei tersebut.

"Karena kita sudah lebih dulu melakukan survei herd immunity tersebut," kata Jefridin di Batam, Senin (22/11).

Menurut Jefriden survei tersebut dilakukan oleh Pemkot Batam untuk melihat tingkat kekebalan tubuh masyarakat terhadap COVID-19. Baik yang belum vaksin ataupun yang sudah vaksin.

Untuk hasilnya, kata dia, 90 persen imun masyarakat Batam ini sudah terbentuk dan 10 persen yang masih rentan terhadap COVID-19.

Survei dilakukan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Batam dan melibatkan ahli epidemiologi yang ada di Batam.

"Tadi kami juga ajak tim survei Batam untuk menyampaikan bagaimana survei itu dilakukan. Mulai dari penentuan sampelnya hingga cara pengujiannya," ungkap Jefridin.

Sementara itu, Sekretaris Satgas COVID-19 Sumut Arsyad Lubis mengatakan datang ke Batam adalah untuk mencari informasi lebih dalam terkait dengan survei herd immunity yang sudah dilakukan oleh Pemkot Batam sebelumnya.

Kunjungan ini berdasarkan atas rekomendasi dari Kementerian Dalam Negeri, di mana Batam merupakan satu-satunya kota yang sudah berhasil melakukan survei tersebut.

"Setelah kunjungan ini tentu, akan kami laporkan hasilnya kepada Pak Gubernur Sumut, mungkin akan kami lakukan juga di salah satu daerah di Sumut," kata Arsyad.

 
Pewarta :
Editor: Evi Ratnawati
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE