Remisi Idul Fitri, 12 orang narapidana Kepri bebas

id 12 orang,narapidana, Kepri,bebas, setelah, terima, remisi, Idul Fitri

Remisi Idul Fitri, 12 orang narapidana Kepri bebas

Sipir di Rumah Tahanan Kelas IA Kota Tanjungpinang (Nikolas Panama)

"Remisi khusus Idul Fitri 1443 Hijriah kepada 2.927 narapidana yang beragama Islam, 12 orang di antaranya bebas setelah menerima remisi itu," kata Kepala Divisi Pemasyarakatan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Kepri, Dwinastiti
Tanjungpinang (ANTARA) - Sebanyak 12 narapidana yang beragama islam di Provinsi Kepulauan Riau bebas dari hukuman penjara setelah menerima remisi Idul Fitri 1443 Hijriah.

"Remisi khusus Idul Fitri 1443 Hijriah kepada 2.927 narapidana yang beragama Islam, 12 orang di antaranya bebas setelah menerima remisi itu," kata Kepala Divisi Pemasyarakatan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Kepri, Dwinastiti, di Tanjungpinang, Senin.

Remisi atau pemotongan masa tahanan yang diberikan kepada narapidana, variatif. Kementerian Hukum dan HAM membagi empat kelompok penerima remisi tersebut.

Kelompok pertama menerima remisi khusus itu selama 15 hari, sementara kelompok kedua sebulan. Kelompok ketiga menerima 1,5 bulan, dan kelompok keempat menerima remisi 2 bulan.

"Warga binaan yang menerima remisi itu berasal dari sembilan lembaga permasyarakatan dan rumah tahanan," ucapnya.

Baca juga:
Batam nihil kasus aktif COVID-19
Gubernur ajak warga sayangi orang tua di momen Lebaran

Dwinastiti merincikan sebanyak 332 orang yang memperoleh remisi merupakan narapidana di Lembaga Permasyarakatan Kelas IIA Tanjungpinang, sedangkan 948 orang narapidana di Lembaga Permasyarakatan Kelas IIA Batam 948 orang.

"Satu dari 948 orang narapidana itu dinyatakan bebas setelah memperoleh remisi," ungkapnya.

Ia menambahkan remisi diterima sebanyak 454 orang narapidana di Lembaga Permasyarakatan Narkotika Kelas IIA, dan lima orang di LPKA Kelas II Batam dan LPP Kelas IIB Batam sebanyak 162 orang. Sebanyak 551 orang narapidana menerima remisi, 11 orang di antaranya bebas setelah mendapatkan potongan tahanan itu.

Sebanyak 37 orang narapidana di Lembaga Permasyarakatan Kelas II Dabo Singkep, Kabupaten Lingga juga menerima remisi. Sebanyak 129 orang narapidana di Rumah Tahanan Kelas I Kota Tanjungpinang terima remisi.

"Remisi juga diberikan kepada 309 orang narapidana di Rutan Kelas IIB Tanjung Balai Karimun mendapatkan remisi," ungkapnya.

Baca juga:
Zakat Fitrah yang terkumpul di Kota Batam turun 5 persen tahun ini

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE