Danrem 033/WP ajak warga budidaya tanaman hortikultura

id Budidaya tanaman hortikultura

Danrem 033/WP ajak warga budidaya tanaman hortikultura

Prajurit TNI di jajaran Korem 033/WP berhasil melaksanakan masa panen untuk budidaya tanaman hortikultura berupa buah pepaya california. (ANTARA/HO-Penrem 033/Wira Pratama)

Tanjungpinang (ANTARA) - Komandan Korem (Danrem) 033/Wira Pratama (WP) Brigjen Jimmy Ramoz Manalu mengajak warga Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) melakukan budidaya tanaman hortikultura untuk dikonsumsi dan juga memiliki nilai ekonomi yang tinggi.

"Tanaman hortikultura tentu sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia, budidaya tanaman jenis ini menghasilkan beraneka ragam buah yang dapat dikonsumsi dengan berbagai kandungan vitamin yang baik bagi tubuh dan ternyata juga memiliki nilai ekonomi yang tinggi," kata Danrem di Tanjungpinang, Jumat.

Menurutnya yang termasuk ke dalam jenis buah-buahan hasil budidaya tanaman hortikultura, di antaranya seperti tomat, semangka, jeruk, mangga, melon, stroberi, rambutan, pepaya, jambu, pisang, nanas, apel, hingga anggur.

Danrem menyebut di salah satu swalayan di ibukota Jakarta, hasil budidaya tanaman hortikultura pepaya california dibanderol hingga menembus harga Rp19.000 sampai Rp. Rp23.000 per kilogramnya.

Seiring dengan kondisi masyarakat yang sedang bangkit menuju era endemi COVID-19, kata dia, budidaya tanaman hortikultura dapat menjadi peluang yang menjanjikan untuk kembali menguatkan ekonomi masyarakat.

"Dalam situasi pandemi COVID-19 yang selama dua tahun lebih melanda hampir di seluruh dunia tentu sangat berdampak terhadap ekonomi di dalam kehidupan rumah tangga di masyarakat," ujar Danrem.

Lebih lanjut Danrem 033/WP juga meminta para Komandan Kodim (Dandim), Komandan Rayon Militer (Danramil) dan para Babinsa TNI AD agar mampu memberikan yang terbaik dalam menjawab ancaman pangan di tengah pandemi COVID-19 yang belum berakhir sampai kwartal dua tahun 2022.

Ia mendorong jajaran Korem 033/WP dapat membina masyarakat di desa atau kampung-kampung dalam membangun karakter yang mandiri dan mampu memanfaatkan lahan-lahan kosong/tidur di wilayah binaannya masing-masing.

Hal tersebut diharapkan dapat memicu kemandirian masyarakat dan mendukung pertumbuhan ekonomi di seluruh wilayah Kepri.

"Ini juga sudah menjadi kewajiban sebagai seorang prajurit yang tertuang dalam 8 wajib TNI," ucapnya.

Danrem juga mengapresiasi pembuatan lahan demplot ketahanan pangan yang dikembangkan di Korem 033/WP dan Kodim 0317/Tanjung Balai Karimun (TBK) dengan membudidayakan tanaman hortikultura, yaitu pepaya california dan pisang cavendis.

Bahkan pada Rabu 18 Mei 2022, telah berhasil melaksanakan masa panen untuk budidaya buah pepaya california.

"Hal menjadi bukti bahwa TNI AD khususnya Korem 033/WP berserta jajaran akan terus berupaya untuk menjadi solusi di tengah kesulitan masyarakat Kepri," katanya menegaskan.

Brigjen TNI Jimmy turut menghimbau kepada seluruh prajurit Korem 033/WP untuk selalu memelihara mentalitas, kreatif dan kerja cerdas untuk membangun karakter cerdas di tengah masyarakat dalam berswasembada tanaman hortikultura.
 

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE