Wakil Menteri Agama luncurkan MTQ Nasional 2022

id MTQ 2022,MTQ Kalimantan Selatan,musabaqah tilawatil quran

Wakil Menteri Agama luncurkan MTQ Nasional 2022

Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid Sa'adi didampingi Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor dan Sekjen LPTQ Nasional Syamsul Bahri meluncurkan pelaksanaan MTQ Nasional di Gedung Mahligai Pancasila, Kota Banjarmasin, Provinsi Kalimantan Selatan, Kamis (24/8/2022). (ANTARA/Sukarli)

Banjarmasin (ANTARA) - Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid Sa'adi meluncurkan pelaksanaan MTQ Nasional ke-29 Tahun 2022 di Provinsi Kalimantan Selatan di Gedung Mahligai Pancasila, Kota Banjarmasin, Kamis. MTQ dijadwalkan berlangsung 10 sampai 19 Oktober 2022 di Kota Banjarmasin, Kota Banjarbaru, dan Kabupaten Banjar.

Wakil Menteri Agama optimistis pelaksanaan MTQ Nasional di Kalimantan Selatan akan sukses.

"Tidak hanya sukses, tapi sangat sukses," katanya.

Menurut dia, para peserta MTQ Nasional juga akan senang bisa mengunjungi Provinsi Kalimantan Selatan yang pemandangannya indah dan warganya ramah.

Gubernur Kalimantan Selatan mengatakan bahwa pemerintah daerah sudah mempersiapkan penyelenggaraan MTQ Nasional ke-29.

"Dengan diluncurkannya MTQ Nasional ini, kita mulai sungguh-sungguh mempersiapkannya," kata Gubernur, yang biasa disapa Paman Birin.

Sementara itu,  Kepala Dinas Pariwisata Kalimantan Selatan Muhammad Syarifuddin mempersiapkan program city tour sebagai salah satu kegiatan saat penyelenggaraan MTQ Nasional ke-29 pada 10-19 Oktober 2022.

Pelaksanaan MTQ Nasional di Kalsel ini memiliki tiga venue, yang terletak di Kabupaten Banjar, Kota Banjarbaru dan Kota Banjarmasin. Letak geografis ketiga daerah itu berdampingan satu dengan lainnya.

Di setiap daerah, lanjut dia, memiliki objek pariwisata kebanggaan Kalsel dan patut diperkenalkan kepada peserta yang memiliki waktu untuk mengikuti city tour pada 13-18 Oktober 2022.

Di Kabupaten Banjar juga terdapat wisata religi makam ulama tersohor yaitu Syekh Muhammad Arsyad Al-Banjari dan Syekh Muhammad Zaini Abdul Ghani Al-Banjari. Keduanya adalah sosok ulama yang memiliki kedudukan ataupun derajat mulia karena kealiman semasa hidup.

Jalur city tour lainnya di kabupaten itu, adalah ke Taman Hutun Raya Sultan Adam, Bukit Batu hingga Tiwingan Lama.

Selain itu, objek wisata di Kota Banjarbaru adalah ke Kampung Purun, Museum Lambung Mangkurat, Pendulangan Intan Cempaka hingga Kebun Raya Banua di perkantoran sekretariat Pemprov Kalsel.

Sementara itu, agenda wisata di Banjarmasin nantinya ditujukan ke komplek makam dan masjid Pangeran Sultan Suriansyah, Mesjid Sabilal Muhtadin, Kubah Basirih, hingga Pasar Terapung.

Berdasarkan catatan sejarah, pada 1970, Kalsel sudah pernah melaksanakan acara besar umat Muslim Indonesia ini, yaitu MTQ Nasional ke-tiga.

Tahun ini, berdasarkan jumlah kafilah beserta pendamping diperkirakan bakal mencapai 5.000 orang yang datang ke Kalsel.

"MTQ Nasional yang dilaksanakan nanti, kita harapkan akan menjadi momentum bangkitnya pariwisata Kalsel terutama di tiga daerah itu," ujarnya.

Rencananya, pembukaan dan penutupan acara tersebut dilakukan di Kiram Park, Kabupaten Banjar, yang merupakan salah satu lokasi wisata prioritas Kalsel yang menawarkan keelokan alam.

Demi memberikan kenyamanan maksimal kepada peserta MTQ Nasional, Syarifuddin sudah sigap dari awal melakukan koordinasi intensif dengan pengelola destinasi wisata.

"Sebagai tuan rumah, kita harus bisa melayani sebaik mungkin serta memberikan pengalaman berkesan kepada para tamu kita," ujarnya.

Sepulang dari MTQ Nasional ini, ia mengharapkan, para peserta bisa mengabarkan tentang keadaan pariwisata Kalsel ke daerah masing-masing.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Wakil Menteri Agama luncurkan MTQ Nasional 2022 di Kalimantan Selatan

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE