Rachmat Gobel sebut ekonomi Batam dan Karimun bakal maju pesat

id rachmat gobel,wakil ketua dpr,batam karimun

Rachmat Gobel sebut ekonomi Batam dan Karimun bakal maju pesat

Wakil Ketua DPR RI Bidang Koordinator Industri dan Pembangunan (Korinbang) Rachmat Gobel (kedua dari kiri) saat melepas jalan santai di Karimun, Kepulauan Riau, Minggu (16/10/2022). ANTARA/HO-DPR

Jakarta (ANTARA) - Wakil Ketua DPR RI Bidang Koordinator Industri dan Pembangunan Rachmat Gobel mengatakan optimistis Kota Batam dan Kabupaten Karimun di Provinsi Kepulauan Riau akan mengalami kemajuan ekonomi yang pesat dalam waktu mendatang.

"Akan terjadi lompatan ekonomi akibat kemajuan yang terjadi di kawasan Asia," kata Rachmat Gobel melalui keterangan tertulis di Jakarta, Rabu.

Walaupun ada hambatan akibat perang Rusia-Ukraina, menurut dia, ekonomi dunia mulai menggeliat lagi setelah mengalami stagflasi akibat pandemi COVID-19 selama dua tahun.

Ia mengajak agar para pihak tidak berpangku tangan dan terus bergerak sehingga bisa melalui krisis dan mendapatkan momentum lompatan ekonomi.

"Peluang itu terbuka lebar di Batam dan Karimun karena berhadapan langsung dengan pusat-pusat pertumbuhan ekonomi di Asia Tenggara," kata dia.

Pulau Karimun terletak di sisi barat Batam dan dekat ke Malaysia. Sementara, Batam lebih dekat ke Singapura.

Gobel melihat peluang tumbuh lebih tinggi dan kepercayaan investor terlihat antara lain dari kerja sama PT Angkasa Pura I bekerja dengan Incheon International Airport Corporation dan PT Wijaya Karya pada 1 Juli 2022 untuk mengelola Bandara Hang Nadim, di Kota Batam.

Keterlibatan perusahaan pengelola bandara terbesar di Korea Selatan tersebut, menurutnya, merupakan gambaran tentang potensi ekonomi di Batam. 

"Hal ini akan berdampak ke daerah sekelilingnya, khususnya di Karimun yang merupakan sasaran investasi ekonomi terbesar kedua di Kepulauan Riau," kata dia.

Karena itu, Gobel mendukung rencana pengembangan bandara, pelabuhan, dan kawasan ekonomi sebagai kesatuan ekosistem yang saling mendukung.

Jika Batam memanfaatkan kedekatan geografis dengan Singapura, maka Karimun bisa menggunakan kedekatannya dengan Malaysia dan Pulau Sumatera. Untuk itu, pengembangan mal pelayanan publik merupakan salah satu sarana yang tepat untuk kemudahan investasi dan bisnis di Karimun.



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Rachmat Gobel sebut ekonomi Batam dan Karimun bakal maju pesat

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE