Kuota haji 2023 untuk Kota Batam sebanyak 600 jamaah

id Kepri,batam,haji,kuota,2023

Kuota haji 2023 untuk Kota Batam sebanyak 600 jamaah

Pemberangkatan jamaah haji tahun 2022 di Kota Batam, Kepri (ANTARA/Jessica)

Batam (ANTARA) - Kantor Wilayah Kementerian Agama Kota Batam Kepulauan Riau mengatakan kuota haji tahun 2023 di kota itu sebanyak 600 jamaah.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Kota Batam Zulkarnain di Batam, Senin mengatakan untuk tahun 2023 pemberangkatan haji akan kembali normal seperti sebelum pandemi COVID-19.

"Kami akan memberangkatkan sekitar 600 jamaah, kemarin (haji 2022) kami hanya dapat 50 persen sekitar 300 jamaah," kata Zulkarnain.

Selain pengembalian kuota haji, pembatasan usia bagi calon jamaah haji juga ditiadakan.

Baca juga:
Pemprov Kepri imbau warga tidak mengkonsumsi "Chiki Ngebul"

BMKG Batam imbau warga hindari berenang di laut


"Tahun 2022 kemarin ada pembatasan usianya 65 tahun. Alhamdulillah untuk tahun ini tidak ada. Mungkin hanya pembatasan kesehatan saja," ujar Zulkarnain.

Lebih lanjut ia mengatakan terkait mekanisme keberangkatan serta pelaksanaan manasik haji pihaknya masih menunggu instruksi lanjutan dari Dirjen Haji.

Menurut dia dengan pengembalian kuota haji serta ditiadakannya pembatasan usia merupakan suatu peningkatan yg baik buat jamaah.

"Saat ini kita tunggu info lanjutan dari Kemenag khususnya Dirjen Haji berapa jamaah yang berangkat dan bagaimana formulasi untuk manasik haji persiapan jamaah lainnya," ujar dia.

Baca juga:
85,71 persen tenaga kesehatan di Batam sudah vaksinasi penguat kedua

Kota Batam nol kasus COVID-19 hari ini


Sementara itu Zulkarnain menyampaikan pihaknya juga bekerja sama dengan Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Batam untuk mengkoordinasi pembuatan paspor calon jamaah haji.

"Biasanya imigrasi berikan kemudahan kepada jamaah dengan membuka konter di kantor Kemenag, jadi khusus urusan paspor jamaah haji tidak bergabung dengan yang umum di imigrasi ini dia fasilitasnya," ujar dia.

Sebelumnya, Pemerintah Indonesia mendapat kuota memberangkatkan 221 ribu orang tanpa batasan usia untuk menunaikan ibadah haji di Tanah Suci Mekkah pada 2023.

Menteri Agama RI Yaqut Cholil Qoumas dan Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi Tawfiq F Al Rabiah menandatangani kesepakatan mengenai kuota haji Indonesia tahun 1444 Hijriah/2023 Masehi di Kota Jeddah, Arab Saudi, pada Ahad.

"Alhamdulillah, misi haji 2023 dimulai. Saya hari ini menandatangani kesepakatan haji dengan Menteri Haji Saudi. Kuota haji Indonesia tahun ini sebesar 221.000," kata Yaqut sebagaimana dikutip dalam siaran pers kementerian di Jakarta, Minggu.

"Kuota itu terdiri atas 203.320 jamaah haji reguler dan 17.680 jamaah haji khusus. Adapun untuk petugas, tahun ini kita mendapat 4.200 kuota,"  katanya.

Baca juga:
Ratusan PMI dideportasi dari Malaysia melalui Kepulauan Riau

Revitalisasi Masjid Agung Batam masuk tahap pembongkaran 

101.113 anak Batam telah vaksinasi COVID-19 dosis lengkap

20 persen panitia pemilihan kecamatan di Batam adalah perempuan

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE