Pemkot Batam pastikan pasokan daging segar jelang Lebaran aman

id Kebutuhan daging segar,Pemkot Batam,Batam,Kepri,Pemkot Batam pastikan kebutuhan daging aman,kebutuhan daging segar jelan

Pemkot Batam pastikan pasokan daging segar jelang Lebaran aman

Hewan ternak sapi yang sudah bebas dari wabah PMK (ANTARA/Yude)

Batam (ANTARA) - Pemerintah Kota Batam, Kepulauan Riau memastikan kebutuhan daging segar hewan ternak sapi dan kambing tercukupi saat menjelang Lebaran Idul Fitri nanti.

“Stok untuk di Batam aman sampai Lebaran nanti, karena kebutuhan daging segar itu yang paling banyak pada perayaan Idul Adha atau hari raya kurban,” ujar Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Batam Mardanis saat dihubungi melalui telepon di Batam, Sabtu (25/2).

Dia menjelaskan, amannya stok daging segar dari hewan sapi dan kambing di Batam itu karena sudah adanya aturan yang mengizinkan hewan ternak bisa masuk ke wilayah yang aman dari wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) atau zona hijau.

“Jadi kalau zona merah sama merah itu tidak boleh, tapi kalau dari zona hijau ke zona hijau, itu yang boleh. Kalau kita itu hijau,” kata dia.

Untuk saat ini kata dia, sudah ada 300 ekor sapi yang tersedia di Batam untuk kebutuhan masyarakat dan itu masih cukup hingga menjelang lebaran.

“Karena kebutuhan-nya itu tidak banyak, dalam satu hari biasanya sapi yang kami potong itu hanya dua ekor, paling banyak itu sepuluh ekor saja,” katanya.

Untuk pengawasan hewan ternak yang masuk, dia menyebutkan pihaknya secara ketat melakukan pemeriksaan sebelum bisa masuk ke karantina.

“Karena kami juga ada satgas (satuan tugas) agar hewan yang masuk tidak sembarangan, kami juga sudah memberikan vaksinasi terhadap hewan-hewan ternak yang ada di sini,” ucap Mardanis.

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE