Polresta Barelang gelar lomba Pos Siskamling se-Kota Batam

id Lomba Pos Siskamling,Polresta Barelang,Kota Batam,Kepri

Polresta Barelang gelar lomba Pos Siskamling se-Kota Batam

Kapolresta Barelang Kombes Nugroho Tri meninjau salah satu pos siskamling di Kota Batam. (ANTARA/HO-Humas Polresta Barelang)

Batam (ANTARA) - Polresta Barelang menggelar lomba pos sistem keamanan lingkungan (siskamling) se-Kota Batam, guna mengoptimalkan peran siskamling di lingkungan masyarakat.

“Perlombaan ini menindaklanjuti keluhan masyarakat terkait keamanan lingkungan, oleh karena itu saya membuat perlombaan ini,” kata Kapolresta Barelang Kombes Pol Nugroho Tri di Batam, Kepulauan Riau, Senin.

Ide ini kata dia, muncul setelah mendengar banyaknya keluhan dari warga di setiap kecamatan terkait keamanan di wilayahnya seperti pencurian, kenakalan remaja, termasuk kurang optimalnya peran siskamling.

“Dari situlah saya ada ide untuk mengaktifkan kembali pos siskamling dengan cara melombakan pos siskamling di setiap kelurahan se-Kota Batam dengan tujuan agar para petugas siskamling yang berjaga mengetahui standar operasional prosedur (SOP) serta bagaimana cara melakukan pengamanan dengan sistem keamanan lingkungan,” kata dia.

Baca juga:
Waduh! Merasa tak diurus saat mabuk, pria ini bakar hotel di Karimun

Kapolda minta warga waspadai peredaran narkoba dengan bungkus jajanan


Dia menjelaskan, untuk penilaian perlombaan pos siskamling ini selama tiga hari dengan berbagai kriteria yang dilombakan.

Kegiatan ini juga kata dia, melibatkan instansi terkait seperti TNI Angkatan Darat yaitu Babinsa, Pemerintah Kota Batam yaitu Satpol PP dan Polri adalah personel Satbinmas Polresta Barelang.

“Jadi penilaian ini bersifat netral dengan melombakan 36 pos siskamling se-Kota Batam. Dalam perlombaan ini akan terpilih sebagai juara 1, 2 dan 3, yang berhasil meraih juara akan mendapatkan piagam penghargaan dan uang pembinaan dari Polresta Barelang,” katanya.

Dia berharap dengan lomba pos siskamling ini, petugas yang terlibat mampu dan mengetahui bagaimana melaksanakan tugas sesuai SOP untuk menekan angka kriminalitas di lingkungan masing-masing sehingga tercipta rasa aman, nyaman, dan kondusif.

Baca juga:
Batam jadi contoh penerapan Sekolah Lansia di Kepri

Lansia di Batam diajak tingkatkan keterampilan melalui sekolah lansia

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE