Ayo Kunjungi! Pemkab Natuna gelar Bazar Ramadhan di Sentra IKM

id Natuna, kepri, bazar ramadhan

Ayo Kunjungi! Pemkab Natuna gelar Bazar Ramadhan di Sentra IKM

Seorang warga melintas di kawasan Sentra Industri Kecil Menengah (IKM) Kabupaten Natuna, Kepri, beberapa waktu lalu. (ANTARA/Cherman)

Natuna (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Natuna, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) membuka Bazar Ramadhan dengan menyediakan tempat bagi pelaku usaha mikro, kecil, menengah (UMKM) serta masyarakat umum untuk berjualan di Sentra Industri Kecil Menengah (IKM) Kabupaten Natuna, Ranai.

"Kita sediakan tempat tidak hanya untuk UMKM, tapi umum, silakan yang mau berjualan takjil, tempatnya gratis," kata Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan Usaha Mikro (Disprindagkopum) Kabupaten Natuna Marwan Syahputra di Natuna, Selasa (21/3/2023).

Ia mengatakan warga yang berminat berjualan di wilayah tersebut secara teknis kegiatan dilaksanakan oleh pihak Pemerintah Kecamatan Bunguran Timur.

"Lahannya di depan Sentra IKM dan Pasar Rakyat, untuk koordinasi bisa dengan pihak Kecamatan Bunguran Timur sebagai koordinator," ujarnya.

Baca juga: Lanud RSA selenggarakan bakti sosial dan bazar murah di Natuna

Camat Bunguran Timur Hamid Hasnan mengatakan Bazar Ramadhan selain oleh pihak kecamatan juga melibatkan Karang Taruna Kabupaten Natuna dalam menata dan mengatur lapak bagi warga yang ingin berjualan di tempat tersebut.

"Hari ini kita telah buka pendaftaran, silakan datang saja, petugas ada di sana sore ini," kata dia.

Pihaknya bekerja sama dengan Karang Taruna hanya menyediakan lahan di kawasan Sentra IKM, sedangkan warga dipersilakan membuka lapak, sesuai dengan arahan petugas di lapangan.

"Kita tidak menyediakan tenda, hanya lahan dan mengatur tata letaknya saja, silakan yang mau bangun tenda atau meja lapak silakan, gratis," kata dia.

Baca juga: KPU sosialisasi jumlah kursi tiap dapil untuk DPRD Natuna

Mengenai kebersihan, ia mengatakan, pemerintah telah menyiapkan tenaga kebersihan untuk setiap hari membersihkan lahan selama kegiatan.

"Tidak ada biaya kebersihan atau biaya sewa lapak, karena kita memang ingin Sentra IKM ini menjadi kawasan ekonomi baru bagi warga Natuna," katanya.

Ia juga mengatakan lahan Bazar Ramadhan yang selama ini ada di Pantai Piwang tetap dibuka, namun hanya bagi pedagang yang telah lama berada di tempat itu, tidak ada lagi penambahan lapak demi menjaga tata kota.

"Kalau untuk daerah Pantai Piwang, itu kebanyakan jualan lauk pauk, kita mengimbau bagi yang ingin berjualan takjil kita arahkan ke IKM, karena pangsa pasarnya berbeda, kita juga ini kawasan tersebut ada aktifitas," kata dia.

Baca juga: Pencarian korban longsor Serasan dihentikan, ratusan anggota TNI dan Polri tinggalkan Natuna

Ia mengatakan untuk lebih jelasnya bagi warga yang ingin berjualan disilakan datang langsung ke Sentra IKM, sedangkan pendaftaran dibuka mulai hari ini hingga akhir Ramadhan.

"Saat ini sudah ada beberapa pedagang yang telah mendaftar, kita juga belum maksimal melaksanakan sosialisasi, ya kita berharap tidak hanya Bazar Ramadhan saja wilayah ini ada aktivitas ekonomi, namun pasca-Ramadhan juga akan terus ada aktivitas warga di tempat tersebut," kata dia.

Sentra IKM Kabupaten Natuna terletak di pesisir pantai kawasan Pasar Modren Kota Ranai, Natuna.

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE