9 politisi muda RI ke AS belajar kepemimpinan dan demokrasi

id politisi muda Indonesia,IVLP Indonesia,demokrasi di Indonesia,IVLP Pemerintah AS

9 politisi muda RI ke AS belajar kepemimpinan dan demokrasi

Sembilan politisi muda Indonesia peserta IVLP 2023 berfoto bersama di sela-sela kegiatan mereka berkunjung ke lembaga dan organisasi politik di Amerika Serikat pada tanggal 29 April sampai dengan 10 Mei 2023. ANTARA/HO-DPP Partai Demokrat

Jakarta (ANTARA) - Sembilan politisi muda Indonesia yang masing-masing mewakili sembilan partai politik di DPR RI mengikuti rangkaian program dan pelatihan di Amerika Serikat guna memperkuat pemahaman mengenai demokrasi dan aktivisme politik akar rumput.

Kegiatan itu, yang disebut International Visitor Leadership Program (IVLP), dibiayai seluruhnya oleh pemerintah Amerika Serikat, dan telah menjadi program rutin Departemen Luar Negeri AS yang diperuntukkan kepada negara-negara mitranya, termasuk Indonesia.

Diska Putri Pamungkas, peserta IVLP yang mewakili Partai Demokrat, sebagaimana dikutip dari siaran tertulisnya di Jakarta, Jumat, menyampaikan pelajaran berharga yang dia petik dalam program itu, antara lain, memahami kultur politik yang partisipatif, yang memenuhi kepentingan masyarakat luas, merupakan kunci membangun demokrasi yang sehat.

"Tantangan setiap negara dalam peningkatan kualitas demokrasi selalu berbeda, dan menjadi pekerjaan seumur hidup. Iktikad setiap pihak untuk terus memberikan pendidikan kepada masyarakat bahwa mereka memiliki hak untuk mengutarakan pendapat dan aspirasi menjadi penting dalam proses demokrasi yang sehat, terutama di tengah kultur politik Indonesia saat ini," kata Diska.

Sembilan politisi muda yang mengikuti program IVLP di AS, yaitu Diska Putri Pamungkas (Partai Demokrat), Rizki Aljupri (PAN), Gabriel Ronodipuro (Gerindra), Ivan Semen (NasDem), RA Yashinta Sekarwangi (PDI Perjuangan), Fendaby Surya Putra (PKS), Rahma Arifa (PKB), Zaky Mahendra (PPP), dan Miranti Dian Kinasih (Golkar).

Rombongan politisi muda Indonesia itu berkeliling ke lima kota di tiga negara bagian AS, yaitu Washington D.C., Philadelphia, Harrisburg, Detroit, dan Dearborn pada tanggal 29 April–10 Mei 2023.




Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: 9 politisi muda Indonesia ke AS belajar kepemimpinan dan demokrasi

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE