Budaya Nusantara Meriahkan Cap Go Meh Tanjungpinang

id cap, go, meh, tanjungpinang, nusantara, tionghoa,

Budaya Nusantara Meriahkan Cap Go Meh Tanjungpinang

Replika naga melintas di jalan pada perayaan Cap Go Meh di Tanjungpinang, Kamis (17/2) malam. (kepri.antaranews.com/Henky Mohari)

Tanjungpinang (ANTARA News) - Pertunjukan budaya dan kesenian nusantara ikut memeriahkan perayaan "Cap Go Meh" yang diselenggarakan oleh Perhimpunan Indonesia Tionghoa Tanjungpinang, Kepulauan Riau untuk menutup perayaan Imlek 2562.
   
"Kami ingin keragaman budaya dan kerukunan antara paguyuban yang terbina di Tanjungpinang selama ini terus berlanjut, salah satunya dengan ikut memeriahkan perayaan 'Cap Go Meh' yang dilaksanakan masyarakat Tionghoa," kata Ketua Panitia Cap Go Meh Perhimpunan Indonesia Tionghoa (INTI) Tanjungpinang, Aheng, Jumat.
   
Pertunjukan budaya dan kesenian diselenggarakan pada Kamis (17/2) malam dikemas dalam Pawai Lampion 2011.
   
Warga Tanjungpinang dari berbagai suku bangsa memenuhi jalan-jalan yang dilewati peserta pawai, mulai dari Jalan Bakar Batu sampai Jalan Teuku Umar tempat pertunjukan kesenian berakhir.
   
Reog Ponorogo, Tari Piring, Tari Zapin, Silat, tarian dari adat Batak dan kesenian Barongsai memukau penonton yang memadati pelataran di depan Bestari Mall Tanjungpinang.
   
Tidak ketinggalan pertunjukan dari marching band siswa-siswi SMP dan SMA beberapa sekolah di Tanjungpinang.
   
Dua buah replika naga yang dimainkan sekitar 30 orang anak-anak muda Tionghoa juga memukau penonton.
   
Tidak tampak perbedaan, seolah-olah perayaan Cap Go Meh juga menjadi perayaan masyarakat Kota Tanjungpinang.
   
"Kami ingin hubungan harmonis seperti ini terjaga, agar tidak terjadi konflik," kata Aheng.
   
Menurut dia, dalam kebudayaan Tionghoa, Cap Go Meh merupakan perayaan penutupan Imlek dengar berbagai pengharapan seperti murah rezeki.
   
"Dalam tradisi Tionghoa, mereka yang masih muda-mudi sangat baik keluar dan pulang larut pada malam Cap Go Meh yang bertujuan membawa rezeki bagi keluarga di rumah," ujarnya. (ANT-RD/Btm1)

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE