Pemprov Kepri ingatkan kontraktor migas tingkatkan keselamatan kerja

id Kepri,batam,migas,disnaker,Kepulauan Riau, migas Batam, kepala dinas tenaga kerja Kepri, dinas tenaga kerja

Pemprov Kepri ingatkan kontraktor migas tingkatkan keselamatan kerja

Kepala Disnaker Kepri Mangara Simarmata (FOTO ANTARA/Jessica)

Batam (ANTARA) - Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) mengingatkan kontraktor pada bidang minyak dan gas (migas) untuk meningkatkan penerapan keselamatan kerja.

Kepala Disnaker Kepri Mangara Simarmata di Batam, Jumat mengatakan hal tersebut mengingat kecelakaan kerja yang cukup banyak terjadi di Kepri beberapa waktu terakhir.

"Meski bukan merupakan unsur kesengajaan, hal tersebut harus diwaspadai karena bahkan sampai merenggut nyawa pekerja," katanya.

Baca juga: Pemkot Batam tingkatkan kualitas produk UMKM

Ia menyampaikan pada dasarnya berbagai pelaksanaan kegiatan harus memperhatikan terkait keamanan dan keselamatannya terutama yang banyak memerlukan welder atau pengelasan

"Kita harapkan perusahaan-perusahaan vendor migas ini bisa melakukan pekerjaan tanpa ada kecelakaan kerja," katanya.

Menurut dia hal tersebut juga menjadi perhatian karena saat ini sejumlah tempat kerja telah menerima siswa magang untuk di perusahaan mereka.

Baca juga: Tim SAR evakuasi korban kapal tenggelam di Lingga

"Misalnya saja di SMKN 6 Batam. Maka, keselamatan mereka juga harus terjaga. Tiap tahun mereka kerja sama dan anak SMKN 6 banyak bekerja di sana mengerjakan proyek-proyek migas. Kami juga bekerja sama untuk kebutuhan pelatihan," kata Mangara.

Sebelumnya, Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) meminta pabrikan lokal di Batam, Kepulauan Riau, meningkatkan kapabilitas sumber daya manusia (SDM) dengan berkolaborasi dalam program kerja lembaga itu.

“Misalnya mengenai sertifikasi. Hal ini menjadi bagian yang harus mendapatkan perhatian khusus manajemen perusahaan, supaya SDM-nya memiliki kompetensi, sesuai dengan peralatan dan teknologi yang terus berkembang dan prosedur yang terus diperbarui,” katar Vice President SKK Migas, Erwin Suryadi yang juga Ketua Umum Forum Kapnas III Tahun 2023 di Batam..

Baca juga: BI Kepri pastikan konsumen tak dikenakan biaya MDR QRIS

Menurut dia upaya peningkatan kapabilitas di tingkat lokal selalu menjadi bahasan di forum kapasitas nasional di berbagai wilayah operasi SKK Migas. Hal ini tak lepas dari semangat peningkatan daya saing SDM di Indonesia, yang diinginkan oleh Presiden Joko Widodo.

Baca juga: Kadis Kominfo Kepri paparkan pentingnya penyiaran di daerah perbatasan

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE