Menparekraf apresiasi musisi Indonesia yang berprestasi di ajang dunia

id menparekraf,musisi indonesia ajang dunia

Menparekraf apresiasi musisi Indonesia yang berprestasi di ajang dunia

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno bersama Sparkling Singers dan Jefri Setiawan saat menghadiri "The Weekly Brief With Sandi Uno" di Gedung Sapta Pesona, Jakarta, Senin (7/8/2023).   (ANTARA/Kemenparekraf)

Jakarta (ANTARA) - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mengapresiasi pencapaian dan prestasi para musisi Indonesia yang berprestasi di kancah dunia seperti Sparkling Singers dan Jefri Setiawan.

“Jefri akan dicatat di tiga rekor, yaitu World Talent Book, URF Asean, dan ABR Icon Award 2023 (Top Talent of the Year),” kata Sandiaga melalui siaran persnya, diterima Rabu.

Jefri Setiawan menjadi sosok musisi Indonesia yang memecahkan rekor dunia menghafal 170 lagu berdasarkan urutan dengan bermain piano sambil mata tertutup nonstop terlama di dunia dan rekor tersebut dipecahkan saat berada di Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Dubai, Uni Emirat Arab (UAE).

Baca juga:
Menparekraf ajak pelaku usaha terapkan 3SI
Kadispar Kepri tegaskan wisata Pulau Penyengat gratis


Sebelum tampil di Dubai, Jefri diketahui pernah mengikuti kegiatan pemecahan rekor dan mendapat dukungan dari Perwakilan Indonesia di Berlin, Singapura dan New Delhi.

Menparekraf Sandiaga juga mengapresiasi Sparkling Singers, grup suara independen dari Surabaya yang beberapa waktu lalu memenangkan ajang World Choir Games di Gangneung, Korea Selatan untuk kategori Champion of Pop Ensembles Category dan Champion of Pop Jazz Category dan Grand Prix Finalist pada Bali International Choir Festival in Bali, Indonesia pada Juli 2023.

“Saat ini Sparkling Singers telah memiliki sekitar 50-an anggota dengan rata-rata usia 15 tahun ke atas,” tutur dia.

Dalam keterangan pers yang sama, Deputi Bidang Ekonomi Digital dan Produk Kreatif Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Muhammad Neil El Himam mengatakan kolaborasi dalam bentuk promosi terus dilakukan untuk mendukung dan mengakomodir pelaku ekonomi kreatif misalnya melalui program akselerasi dan inkubasi dari sektor musik.

“Kemenparekraf juga telah berkunjung ke berbagai daerah untuk melihat potensi dari para pelaku industri musik dalam memanfaatkan era digital sehingga dapat memasarkan karyanya dengan baik,” demikian kata dia.

Baca juga:
Sandiaga Uno siap fasilitasi Air Asia Group buka rute langsung ke Kepri
Menparekraf kenakan "Tanjak", dorong promosi produk dalam negeri


Selain mengapresiasi pencapaian dan prestasi para musisi Indonesia, dijelaskan juga di berita sebelumnya bahwa Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno fasilitasi peningkatan kualitas desa wisata Kakaskasen Dua, Kota Tomohon, Sulawesi Utara (Sulut).

"Kami mendukung Desa Wisata Kakaskasen Dua masuk dalam Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2023," kata Sandiaga, di Tomohon, Selasa.

Sandiaga mengatakan kehadiran di Tomohon sebagai bagian dari penilaian dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, setelah Kelurahan Kakaskasen Dua masuk dalam 75 Desa Wisata Terbaik se-Indonesia Tahun 2023.

Karena sebetulnya prinsip dari kampung wisata adalah bagaimana masyarakat bergerak dari bawah, katanya, warga berinisiatif menjadikan desa wisata, kemudian ditunjang oleh pemerintah.

Adapun ADWI 2023 diikuti sebanyak 7.275 desa atau kampung wisata dari seluruh pelosok Indonesia, termasuk wakil asal Kota Tomohon ini.

Bersama dengan pemangku kepentingan lainnya, ia akan berupaya membantu peningkatan kualitas baik sumber daya manusia maupun pendukung lainnya.

Desa wisata Kakaskasen Dua terletak di Kelurahan Kakaskasen Dua, Kecamatan Tomohon Utara, Kota Tomohon.

Untuk menempuh tempat ini mencapai jarak tempuh 90 menit dari Bandara Sam Ratulangi, Manado.

Daerah ini layak menjadi destinasi wilayah yang bisa menjadi tempat wisata.

Wali Kota Tomohon Caroll Senduk mengatakan pihaknya bersyukur karena Kakaskasen Dua masuk dalam 75 besar ADWI 2023.

"Saya berharap dengan dukungan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Kakaskasen Dua bisa meraih juara, karena potensi wisata yang sangat besar," jelasnya.



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Menparekraf apresiasi musisi Indonesia berprestasi di ajang dunia

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE