Pemkot Pekanbaru Riau selesai bangun 300 kios sementara pedagang Pasar Bawah

id Disperindag Pekanbaru, bangun kios TPS, Pasar Bawah Pekanbaru,Pekanbaru, Riau, pasar bawah

Pemkot Pekanbaru Riau selesai bangun 300 kios sementara pedagang Pasar Bawah

Pasar Bawah Pekanbaru yang akan direnovasi pada 1 November mendatang. Untuk sementara para pedagang akan dipindahkan ke TPS pada Bekas Pelabuhan Pelindo I. ANTARA/Bayu Agustari Adha

Pekanbaru (ANTARA) - Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Pekanbaru Provinsi Riau menyelesaikan pembangunan 300 kios tempat penampungan sementara (TPS) untuk para pedagang Pasar Bawah dan siap ditempati selama pengerjaan renovasi di pasar wisata tersebut.

"Pedagang-pedagang mau dipindahkan semua ke TPS karena TPS sudah disiapkan," kata Kepala Disperindag Kota Pekanbaru Zulhelmi Arifin di Pekanbaru, Senin.

Ia mengatakan relokasi pedagang di Pasar Bawah itu secara serentak ke TPS yang berada di kawasan bekas Pelabuhan Pelindo dilaksanakan pada 1 November 2023. Lokasi TPS masih berada di dekat lokasi Pasar Bawah saat ini.

Pasar Bawah Pekanbaru merupakan pasar wisata di Ibu Kota Provinsi Riau. Ratusan pedagang mulai dari kuliner hingga pakaian dan hiasan berjualan di sana.

Namun begitu, sebelum melakukan relokasi, Disperindag Kota Pekanbaru memberikan sosialisasi terlebih dahulu kepada para pedagang. Setelah itu akan dimulai pekerjaan renovasi oleh PT Ali Akbar Sejahtera (AAS) selaku pengelola yang baru.

"Rencananya tanggal 23 bulan ini kita akan sosialisasi agar nanti para pedagang ini dapat kita relokasi. Jadi, nanti serentak tanggal 1 November sudah pindah. Karena 1 November sudah mulai pekerjaan (renovasi)," kata dia.

Ditargetkan, kata Kadisperindag, renovasi Pasar Bawah oleh PT AAS tuntas dalam waktu satu tahun. "Jadi harapan kita, 1 November tahun depan (2024), kita sudah punya wajah Pasar Bawah yang baru," mata dia.




 

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE