Forkopimda kolaborasi untuk cukupi stok darah di RSUD Natuna

id Donor darah,kepri,RSUD, Dinas Kesehatan (Dinkes),Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda),natuna,stok darah

Forkopimda kolaborasi untuk cukupi stok darah di RSUD Natuna

Wakil Bupati Natuna Rodhial Huda saat mendonorkan darahnya. (ANTARA/Muhamad Nurman)

Natuna (ANTARA) -
Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau (Kepri), berkolaborasi untuk mencukupi stok darah di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Natuna.
 
Wakil Bupati Natuna Rodhial Huda di Natuna, Rabu, mengatakan kegiatan tersebut  merupakan salah satu bentuk kepedulian Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Natuna kepada pasien yang membutuhkan darah.
 
"Kita (Natuna) kekurangan darah, jadi kita bikin kegiatan donor darah massal," ucapnya. 
 
Ia mengatakan kegiatan tersebut bukan kegiatan rutin, melainkan suatu upaya untuk menyelesaikan kelangkaan stok darah yang dialami RSUD Natuna akibat minimnya pendonor.
 
Ke depan, lanjutnya, RSUD, Dinas Kesehatan (Dinkes), dan PMI Natuna, harus berkolaborasi dalam memenuhi stok darah dengan kegiatan donor darah rutin.
 
"Donor darah massal ini bukan jadi jalan keluar, rutinitas dan manajemen pengelolaan darah di Natuna yang harus lebih dioptimalkan, misalnya dengan berkolaborasi," ucapnya. 
 
Karena itu ia berharap kejadian serupa tidak terulang kembali. Rodhial berterima kasih kepada pendonor yang telah menyempatkan waktu untuk hadir dan membantu memenuhi kebutuhan darah di Natuna.
 
"Mudah-mudahan darah yang didapat sesuai dengan kebutuhan," harapnya. 
 
Sementara Kepala Unit Transfusi Darah Rumah Sakit (UTDRS) Kabupaten Natuna Dr Sayed Hamzah mengatakan target darah pada kegiatan tersebut sebanyak 70 kantong darah. Pada kegiatan pihaknya juga dibantu oleh PMI Natuna serta beberapa instansi terkait.

"Sekarang sudah terkumpul sekitar 49 kantong," ucapnya. 
 
Ia menyebut saat ini stok darah di RSUD sebanyak lima kantong.

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE