Anggota KPPS di Kepri sehat usai pemungutan suara di TPS

id KPPS sehat

Anggota KPPS di Kepri sehat usai pemungutan suara di TPS

Pelaksanaan pemungutan dan penghitungan suara di TPS 002 Kelurahan Melayu Kota Piring, Kota Tanjungpinang, Kepri, Rabu (14/2/2024). (Ogen)

Tanjungpinang (ANTARA) - Ketua Komisi Pemilihan Umum(KPU) Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), Indrawan Susilo Prabowo Adi, menyampaikan seluruh petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) dalam kondisi sehat usai merampungkan pemungutan dan penghitungan suara di TPS.

"Alhamdulillah, sampai hari ini tak ada laporan KPPS sakit atau insiden lainnya, semoga semuanya dalam kondisi sehat walafiat," kata Indrawan di Tanjungpinang, Kamis.

Indrawan menyebut tahapan pemungutan dan penghitungan suara di tingkat TPS rampung pada Rabu (14/2) malam hingga Kamis (15/2) dini hari.

Bahkan ada sebagian TPS baru selesai melakukan penghitungan surat suara pada Kamis siang, karena diberikan batas waktu maksimal hingga pukul 12.00 WIB.

"Seperti beberapa TPS di Kota Batam, baru selesai siang hari tadi untuk mencetak C salinan," ungkap Indrawan.

Indrawan menyebut pelaksanaan pencoblosan surat suara sejauh ini berjalan aman dan lancar. Masyarakat antusias datang mencoblos meskipun sempat diguyur hujan ditambah antrean panjang di TPS. Namun, ia belum memerinci tingkat partisipasi pemilih Pemilu 2024, karena baru akan terlibat pada tahap rekapitulasi penghitungan suara tingkat provinsi.

"Apresiasi untuk para petugas KPPS, karena telah menyiapkan dan menyelenggarakan pemungutan suara di TPS dengan baik," ucap Indrawan.

Adapun total jumlah KPPS yang bertugas di Pemilu 2024 sebanyak 41.398 orang yang tersebar di 5.914 TPS di tujuh kabupaten/kota se-Kepri.

Rinciannya yaitu Kota Batam sebanyak 22.687 orang, Kabupaten Karimun 5.457 orang, dan Kota Tanjungpinang sebanyak 4.459 orang.

Selanjutnya, Kabupaten Bintan 3.472 orang, Kabupaten Lingga 2.499 orang, Kabupaten Natuna 1.694 orang, dan Kabupaten Kepulauan Anambas 1.120 orang

"Tiap-tiap TPS ada tujuh KPPS. Mereka dapat honor Rp1,2 juta untuk ketua dan Rp1,1 juta untuk anggota," kata Indrawan.







 

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE