Pemkab Natuna sepakati 158 program di musrenbang tingkat kabupaten

id Musrenbang 2024 ,Kabupaten Natuna,kepri, pemkab natuna

Pemkab Natuna sepakati 158 program di musrenbang tingkat kabupaten

Bupati Natuna Wan Siswandi menandatangani berita acara kesepakatan hasil Musrenbang tingkat Kabupaten Natuna tahun 2024 yang merupakan RKPD tahun 2025 di Gedung Sri Srindit pada Kamis (7/3/2024). (ANTARA/Muhamad Nurman)

Natuna (ANTARA) -
Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Natuna, Kepulauan Riau menyepakati 158 program pada Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) tingkat kabupaten tahun 2024
 
Bupati Natuna Wan Siswandi di Natuna, Kamis, mengatakan 158 program tersebut merupakan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Natuna Tahun 2025.
 
Adapun prioritas pembangunan di tahun 2025 yakni, peningkatan ekonomi daerah, pembangunan infrastruktur wilayah dan peningkatan sumber daya manusia.
 
Anggaran yang dibutuhkan untuk mewujudkan prioritas pembangunan tersebut adalah sebesar Rp2,7 triliun.
 
Dengan rincian, Rp80,3 miliar untuk peningkatan ekonomi, Rp1,2 triliun untuk infrastruktur dan Rp1,3 triliun untuk peningkatan kualitas sumber daya manusia.
 
"Seperti yang kita ketahui bersama apa yang kita rencanakan jarang bisa direalisasikan semuanya, namun kita harus tetap berusaha," ucap dia.
 
Foto bersama usai Musrenbang tingkat Kabupaten Natuna tahun 2024 di Gedung Sri Srindit pada Kamis (7/3/2024). (ANTARA/Muhamad Nurman)
 
Ia menjelaskan, pembangunan di Natuna tidak akan berjalan dengan lancar jika hanya mengharapkan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Natuna.
 
Pasalnya APBD yang di dapat oleh kabupaten terbilang kecil, hanya mencapai kurang lebih satu triliun.
 
"Pembangunan di Natuna akan lambat jika hanya diselesaikan dengan APBD, oleh karena itu bantuan dari APBD Provinsi dan APBN sangat diperlukan," ujar dia.
 
Untuk mendapatkan bantuan tersebut, pihaknya akan kembali mengunjungi Gubernur, kementerian dan lembaga.
 
"Saya bersama Pak Wakil akan melakukan koordinasi dan kunjungan ke kementerian, setelah kami buka jalan kami harap kepala dinas melanjutkannya," kata dia seraya mengingatkan kepala dinasnya.
 
Wakil Ketua I DPRD Kabupaten Natuna Daeang Ganda Rahmatullah (Kedua kiri) saat menyerahkan pokok-pokok pikiran kepada Bupati Natuna pada musrenbang tingkat kabupaten di Gedung Sri Serindit, Kecamatan Bunguran Timur pada Kamis (7/3). (ANTARA/Muhammad Nurman)8
 
Menurut dia, jika koordinasi dilakukan dengan baik maka Pemerintah Provinsi dan Pusat akan membantu seperti pada tahun sebelumnya.
 
"Pada tahun 2023, APBN yang kita dapat kurang lebih mencapai sembilan ratus miliar," ungkap dia.

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE