Dispar Kepri susun 295 agenda pariwisata sepanjang 2024

id Agenda wisata kepri 2024,WISATA KEPRI,kepri, dinas pariwisata

Dispar Kepri susun 295 agenda pariwisata sepanjang 2024

Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Provinsi Kepri Guntur Sakti. ANTARA/Ogen

Tanjungpinang (ANTARA) - Dinas Pariwisata Provinsi Kepulauan Riau telah menyusun 295 agenda pariwisata dalam kalender wisata daerah tahun 2024 untuk menggaet kunjungan wisatawan dalam maupun luar negeri.

Kepala Dispar Kepri Guntur Sakti mengatakan agenda pariwisata yang telah disusun itu tersebar di tujuh kabupaten/kota setempat, meliputi Batam, Tanjungpinang, Bintan, Karimun, Lingga, Natuna, dan Anambas.

"Agenda pariwisata tersebut digelar pemerintah daerah dan swasta, baik berskala lokal, nasional bahkan internasional," kata Guntur Sakti, di Tanjungpinang, Senin.

Guntur menyebut dari total 295 agenda pariwisata tersebut, ada yang sudah terjadwal lengkap dengan tanggal pelaksanaan, dan ada sebagian yang sudah terjadwal tapi belum dilengkapi tanggal pelaksanaannya.

Baca juga: Kepri anggarkan bantuan rumah ibadah Rp114 miliar

Menurutnya, untuk agenda pariwisata bertaraf internasional yang digelar pihak swasta rata-rata sudah terjadwal secara pasti, karena mereka harus menggaet partisipan dari sekarang. Misalnya, ajang pariwisata Bintan Triathlon, Tour de Bintan, Bintan KasmaRun, dan Bintan Carnival di akhir tahun 2024 di kawasan wisata internasional Lagoi, Kabupaten Bintan.

Kemudian, ada juga agenda wisata internasional Tour de Batam dan Batam Triathlon yang dipusatkan di Kota Batam.

"Kalau agenda wisata yang digelar pemerintah daerah rata-rata memang belum terjadwal pasti, karena menyesuaikan dengan kemampuan anggaran," ujar Guntur.

Guntur melanjutkan Dispar Kepri memberi dukungan penuh kepada penyelenggara agenda pariwisata yang digelar pemerintah kabupaten/kota maupun swasta.

Baca juga: Pemkab Natuna gelar rapat bersama guna tangani karhutla

Dukungan yang diberikan tidak dalam bentuk uang, melainkan dari segi produksi, promosi, talent (penari), hingga makan minum (dinner).

"Tujuannya untuk meringankan beban penyelenggara agenda wisata," ujar Guntur.

Guntur optimistis sebanyak 295 agenda pariwisata tahun ini mampu mendongkrak target jumlah kunjungan wisman mencapai tiga juta orang. Angka itu lebih tinggi dibanding jumlah kunjungan wisman tahun 2023 yang mencapai 1,5 juta orang.


Baca juga:
Kanwil: Masa tunggu keberangkatan haji di Kepri mencapai 23 tahun

Dubes Singapura terkesan dengan pembangunan infrastruktur Batam


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Dispar Kepri menyusun 295 agenda pariwisata tahun 2024

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE