Anies Baswedan: Tim hukum AMIN daftarkan gugatan Pemilu di MK

id Anies Baswedan, AMIN, Tim Hukum AMIN, Gugatan Pemilu, Mahkamah Konstitusi, Pilpres,pemilu 2024,pilpres 2024,gugatan,mk,kpu ri

Anies Baswedan: Tim hukum AMIN daftarkan gugatan Pemilu di MK

Calon presiden nomor urut 1 Anies Baswedan bersama calon wakil presiden Muhaimin Iskandar dan tim hukum Anies-Muhaimin memberikan keterangan pers di Jakarta, Kamis (21/3/2024). (ANTARA/Fauzi Lamboka)

Jakarta (ANTARA) - Calon presiden nomor urut 1 Anies Baswedan mengatakan tim hukum nasional Anies-Muhaimin (AMIN), mendaftarkan gugatan Pemilu di Mahkamah Konstitusi (MK).

"Tim hukum nasional yang dipimpin Bapak Ari Yusuf Amir akan membawa semua dokumen-dokumen terkait dengan proses hukum yang akan berlangsung," katanya di Jakarta, Kamis.

Anies menjelaskan pasangan AMIN menginginkan agar praktek demokrasi di Indonesia lebih baik. Sehingga, dengan adanya proses di MK, bisa menjadi pembelajaran untuk semua pihak.

Sementara itu, Ketua THN AMIN Ari Yusuf Amir menyatakan pihaknya sudah mendaftar secara daring sejak pukul 01.00 WIB dini hari. Kata dia, pihaknya secara resmi akan menandatangani permohonan tersebut di MK.

"Kami sudah memasukkan pendaftarannya, dan saat ini tim kami sudah di MK lagi proses administrasi untuk kelengkapan berkasnya," ungkapnya.

Lanjut dia, pendaftaran permohonan perselisihan pemilu itu telah dipersiapkan sudah cukup lama, sejak satu bulan lamanya.

"Kami menyiapkan permohonan gugatan ke MK ini, dengan mengumpulkan banyak pakar dan ahli. Sehingga kajiannya sangat matang, Insya Allah dan permohonan di MK ini, kami lengkapi dengan bukti-bukti yang cukup meyakinkan," katanya menegaskan.

Sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menetapkan pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden RI Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka sebagai Presiden dan Wakil Presiden RI periode 2024-2029.

Baca juga:
Bawaslu RI menindaklanjuti belasan laporan dari rekapitulasi nasional

Anies-Muhaimin sampaikan sikap politik terkait hasil akhir Pilpres 2024

NasDem soal gugatan ke MK: Tetap harus berjalan


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Anies: Tim hukum AMIN daftarkan gugatan Pemilu di MK

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE