Polres Bintan kawal penyaluran BLT warga lanjut usia

id Penyaluran blt lansia bintan,Polisi kawal blt

Polres Bintan kawal penyaluran BLT warga lanjut usia

Bhabinkamtibmas Desa Sebong Pereh, Kecamatan Bintan Utara, Kabupaten Bintan Brigadir Subandri mengawal pemberian BLT Lansia di balai desa setempat, Senin (25/3/2024). ANTARA/HO-Humas Polres Bintan

Tanjungpinang (ANTARA) - Polres Bintan, Polda Kepulauan Riau (Kepri) membantu mengawal distribusi bantuan langsung tunai (BLT) dari pemerintah kabupaten setempat untuk warga lanjut usia (Lansia) tahap pertama periode Januari-April 2024.

"Apapun bantuan dari pemerintah baik berupa uang atau bentuk lainnya, Polri terus melakukan pengawalan dan pengamanan guna memastikan bahwa bantuan itu betul-betul sampai dan diterima oleh masyarakat si penerima," kata Kasi Humas Polres Bintan Iptu Missyamsu Alson, Senin.

Alson mengatakan Polres Bintan mengerahkan personel bhayangkara pembina keamanan dan ketertiban masyarakat (Bhabinkamtibmas) untuk
mengawal penyaluran BLT lansia di wilayah masing-masing, seperti yang dilakukan Bhabinkamtibmas Desa Sebong Pereh, Kecamatan Bintan Utara, Brigadir Subandri pada saat pemberian BLT Lansia di balai desa setempat, Senin (25/3) .

Pada hari yang sama, kata dia, Bhabinkamtibmas Desa Berakit Briptu Boy Raju juga melakukan pengamanan dan pengawalan pemberian BLT di balai desa setempat.

Selain dari Bhabinkamtibmas, TNI melalui bintara pembina desa (Babinsa) turut melaksanakan tugas yang sama sebagai wujud kolaborasi dan kekompakan para aparat pembina desa tersebut.

BLT lansia tidak hanya diserahkan di balai desa, namun warga lansia yang tidak sempat hadir di lokasi, langsung diserahkan ke rumah bersangkutan dengan dikawal aparat TNI dan Bhabinkamtibmas.

“BLT ini sangat dibutuhkan masyarakat, apalagi di bulan Ramadhan jelang Lebaran Idul Fitri tentu kebutuhan meningkat, sehingga kita harus pastikan bantuan itu tersalurkan tepat sasaran," ungkap Alson.

Alson turut mengimbau pemerintah yang akan menyalurkan bantuan berupa uang kepada masyarakat agar melaporkan kepada petugas kepolisian, sehingga polisi bisa melakukan pengamanan dan pengawalan untuk menghindari kejadian kejahatan yang tidak diinginkan.

"Pengawalan dan pengamanan yang kita berikan tidak dipungut biaya atau gratis, semua dilakukan untuk menciptakan kamtibmas yang kondusif di wilayah hukum Polres Bintan," katanya pula.

Sementara, Bupati Bintan Roby Kurniawan berharap bantuan dana ini dapat bermanfaat buat para lansia. Bantuan tersebut sebagai wujud kehadiran Pemkab Bintan dalam menjaga dan menjamin kesejahteraan masyarakat, khususnya lansia.

Ia memaparkan dana BLT lansia tahun ini diperuntukkan untuk 5.068 orang lansia se-Kabupaten Bintan. Setiap lansia menerima dana BLT tahap pertama sejumlah Rp400.000 per bulan, selama empat bulan berturut-turut (Januari-April 2024).

Dana BLT lansia tahap pertama disalurkan sejak 18 hingga 28 Maret 2024 yang tersebar di sepuluh Kecamatan se-Kabupaten Bintan. Dengan rincian, 1.709 orang di Kecamatan Bintan Timur, 744 orang di Kecamatan Bintan Utara, 434 orang di Kecamatan Gunung Kijang, 474 orang di Kecamatan Toapaya.

Kemudian 548 orang di Kecamatan Teluk Sebong, 302 orang di Kecamatan Seri Kuala Lobam, 510 orang di Kecamatan Teluk Bintan, 48 orang di Kecamatan Mantang, 206 orang di Kecamatan Bintan Pesisir, dan 93 orang di Kecamatan Tambelan.

"BLT bisa membantu meringankan beban ekonomi masyarakat di Bintan, khususnya bulan Ramadhan menjelang hari raya. Kepada lansia yang belum terdata agar bisa melaporkan diri ke RT/RW setempat, sehingga bisa ikut merasakan manfaat bantuan ini," ucap Roby.
 

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE