Natuna dapat puskesmas keliling dari Kemenkes

id Ambulan,Puskesling,Puskesmas ,Perbatasan ,Kesehatan ,Kendaraan,Mobil,Dinkes,Rumah singgah

Natuna dapat puskesmas keliling dari Kemenkes

Ambulan yang akan diserahkan ke rumah singgah di Batam. (ANTARA/HO-Pemkab Natuna)

Natuna (ANTARA) -
Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Natuna, Kepulauan Riau menerima tiga unit puskesmas keliling (puskesling) roda empat dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Republik Indonesia.
 
Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Natuna Hikmat Aliansyah saat dihubungi melalui sambungan telepon dari Natuna, Minggu, mengatakan selain puskesling roda empat Kemenkes juga memberikan tiga unit ambulan roda empat.
 
"Dari Kemenkes melalui DAK (dana alokasi khusus) 2024, Kemenkes menyiapkan anggaran untuk pengadaan ambulan dan puskesmas keliling roda empat," ucap dia.
 
Ia menjelaskan, puskesling dan ambulan roda empat tersebut diperuntukkan untuk Puskesmas Kelarik, Puskesmas Sedanau dan Puskesmas Bunguran Tengah.
 
Namun, guna memberikan pelayanan terbaik kepada seluruh masyarakat Kabupaten Natuna sambung dia, Bupati Natuna membuat kebijakan berupa pengalihan pemakaian puskesling bantuan tersebut ke puskesmas lainnya.
 
"Namun pak bupati akan mengalihkan dengan cara pinjam pakai puskesmas keliling roda empat untuk Puskesmas Subi, Midai dan Suak Midai," ujar dia.
 
Ia mengungkapkan, puskesling dan ambulan roda empat dalam proses pengiriman ke Kabupaten Natuna dan akan dijadwalkan penyerahannya apabila sudah sampai.
 
"Masih proses pengiriman ke Ranai (Natuna)," imbuh dia.
 
Ia menambahkan Pemkab Natuna juga mengalokasikan anggaran pendapatan belanja daerah (APBD) 2024 untuk pengadaan dua unit mobil ambulan.
 
Ambulan itu nantinya akan diberikan kepada rumah singgah untuk masyarakat Kabupaten Natuna di Kota Batam dan Puskesmas Pulau Tiga Barat.
 
Ia menyebut, kendaraan yang diberikan Kemenkes merupakan usulan Pemkab Natuna tahun 2023.
 
Tujuannya adalah untuk memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakat Kabupaten Natuna.
 
"Yang baru sampai ambulan (APBD) di Batam, nanti pak bupati akan serahkan sesuai jadwal beliau ke Batam bulan ini," tutur dia.

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE